MAKALAH MANCANEGARA MESIR

Posted by GLOBAL MAKALAH


MAKALAH SENIBUDAYA MANCA NEGARA MESIR

Kata Pengantar


Alhamdulillah,  puji dan syukur kami ucapkan  kepada  Allah swt, karena dengan ridhoNya kami dapat menyelesaikan  makalah  seni budaya  ini dengan tema Seni Terapan Mancanegara  (RUSIA).  Semoga makalah  ini dapat memberikan wawasan  yang lebih luas tentang karya seni rupa yang terkenal di Rusia dan kami sadar bahwmakalah  ini
masih banyak  kekurangan  dan jauh dari sempurna.
Disadari bahwa  makalah  ini jauh dari kesempurnaan,  oleh karenanya  dengan  segala kerendahan  hati, kami mohon kritik dan saran yang bersifat membangun,  sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih memuaskan.


Raha, 20 Januari 2017 penulis

BAB I
PENDAHULUAN
I. Latar Belakang
Dalam makalah  yang singkat ini, kami akan membahas  tentang seni murni dan terapan mancanegara.  Tanpa  kita sadari, sebenarnya semua benda memiliki nilai seni. Entah itu dari bentuk, warna,  ataupun  hiasannya.  Namun,  tidak semua benda itu memiliki nilai guna pakai, misalnya lukisan yang hanya berfungsi sebagai hiasan saja.
Selama ini, kita lebih dipusatkan  kepada  seni terapan dalam negeri, seperti
misalnya kain batik, kursi rotan, dan masih banyak  lagi.
Untuk menambah  pengetahuan  kita tentang seni terapan, kini kita akan mempelajari seni terapan mancanegara  dari berbagai  Negara khususnya  RUSIA.  Banyak perwujudan  seni terapan mancanegara  yang dapat kita amati, bisa berupa bangunan,  dan lain sebagainya
II.Rumusan  Masalah
1. Apakah  pengertian seni rupa murni dan seni rupa terapan mancanegara?
2.  Apa sajakah yang termaksud  contoh seni rupa murni dan seni rupa terapan khas
Rusia
III. Tujuan  Penulisan
Setelah mempelajari makalah  ini diharapkan  :
1. Dapat memahami  Pengertian seni rupa murni dan seni rupa terapan mancanegara?
             2. Dapat mengetahui  yang termaksud contoh  seni rupa murni dan seni rupa 
                  terapakhas Rusia
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
 1.  Seni Rupa Murni mancanegara  adalahasil karya seni rupa yang digunakan  untuk memperindah  dan tidak mempunyai  manfaaapapun.  Seni tersebut berasal dari luar negeri sehingga di sebut seni rupa murni mancanegara.
2. Seni rupa terapan mancanegara  adalah hasil karya seni rupa yang digunakan  dalam kehidupan  sehari-hari dan mempunyai  fungsi atau manfaat. Seni tersebut berasal dari luar negeri sehingga di sebut seni rupa terapan mancanegara.
 B. contoh karya seni rupa murni dan terapan Negara Rusia
1.   Seni Ikonografi
Ikonografi adalah cabang sejarah seni yang mempelajari identifikasi,deskripsi,deskripsi dan interpretasi  isgambar.  Kata  ikonografi  berartpenulisan  gambar,  dan  berasal  dari  bahasa Yunani,  εικον (gambar) danγραφειν (menulis ).
Salah  satu  tokoh  ikonografi  dari  Rusia  adalaAndrei Rublev,  seni fresco,  atalukisan  di langit-langi gerej atau   bangunan biasany dikenal  sebagai  produ buday Eropa   Barat.
Padahal,  sebelum maestro  Michelangelmelukis ataGereja SantPetrus di Romaseni fresco lebih dahulu  berkembang di Eropa Timur,  tepatnya di Kekaisaran Rusia.
Andre  Rublev  maestro  fresco  asal  Rusia  (1360-1430)  yanmelukis  beragam ikon  oransuci dalam Gereja Ortodoks Rusia yang menjadi pelopor seni yang kerap di asosiasikan d engan Eropa Barat itu.
Andre  Rublev,  sang  pelopor  fresco  Rusia,  berkarya  sebelum  Michelangelo  (1475 -1564). Mereka  hidup   pada  zaman  pertengahan  (Medieval  Age)  sebelum  era  Renaisanstiba.  Andre Rublev   dikenang   karen kary bertaju Tritunggal (1410)   yang   kini  disimpan  di  Galeri Tretyakov di kota MoskwaPara ahli lukis ikon dan fresco pun bermunculan. Namun, tidak ada yang  dapat  mengalahkaAndre  Rubleyang  karyanya  mulai dikenal tahun 1405  saat menghias Katedral  Annunciation   (PertemuanMalaikatJibrildenga Sant Maria).   Karya  Rublev  mengacu pada Theophanes,  maestro Yunani dan Prokhor seorang Rusia dari Gorodets.
2.   Seni Lukis Kayu Tradisional Rusia
Selama  berabad-abad,   orang  Rusia  menggunakan  mangkuk  kayu  yang  di  ukir  dan  di  lukis
dengan  cermat,  juga  sendok,  cangkir,  dan wadah lain sebagai peralatan makan.  Biasanya,  motif berupa tumbuhan dan binatang. Seluruh desa bisa jadi menekuni kerajinan aneka benda dari kayu ini.
Penduduk   desamengerjakannya   selama   musim  dingin   yang   panjang,   ketika  tidak   ada pekerjaan   di   ladang.   Lebih   dari  dua   ratus   tahun   yang   lalu,   kerajinan   tangan   ini  sangat
menguntungkan  bagi  beberapa  kota  dan  desa.  Misalnya,  pernah  seluruh  penduduk  Semenov berhenti  berladang  dan  memproduksi  hamper  dua  juta  mangkuk,  piring,  cangkir,  dan  sendo k kayu hanya dalam setahun.
Penduduk  desa dekat kota Nizhniy Novgorod menemukan teknik untuk mengilapkan wadah yang sudah di lukis. Cat dan pernis tahan panas dikembangkan, dan wadah yang telah siap pun di
panaskan.   Suhu    yang   tinggi  mengubah  lapisan  berwarna  perak   menjadi  nuansa  keemasan. Hingga  kini,   prose  situ  masih  di  gunakan  di  paprika-pabrik  khokhloma  di  sekitar   Nizhniy Novgorod.
Motif khokhloma mencakup  bunga dan tumbuhan yang terdapat di hutan-hutan dan padang rumput Rusia,  juga burung dan ikan.  Sering kali,  coraknya berupa rumput halus yang meliuk dan
dedaunan  yang  di  padu  dengan  buah-buahan,  misalnya  berbagai  jenis  buah  beri.  Warnanya biasanya  merah,  hitam,  emas,  dan  hijau.  Melalui  kerajinan  khokhloma,  meja-meja  makan  di banyak tempat di seluruh  duania di hiasi warna-warni cantik alam pedesaan Rusia.
3.   Seni Patung Rusia
( Bangsyang  besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya ). Tapi rasanya
suatu  bangsa  yang  besar    juga  salah  satunya  menghargai  seni  dan  kebudayaan Sepertinya kalimat ini berlaku juga di Rusia,  dan dari seni mungkin bangsa Rusia mau menunjukkan sebagai bangsa  majyanmempunyai cita  ras tinggi Ragam seni kebudayaan Ini terliha dari tarian, dekorasi,  bentuk  bangunan,  pakaian,  berbaga aksesoris  ,  lukisan,  patung dalainnya,  yang semuanya bisa terdapat pada pertunjukan, museum, juga pada patung-patung di setiap sudut kota Moskow  khususnya.  Salah  satu  patung  Pahlawan  yang  ada  di  Indonesia  adalah  hasil  karya seniman  rakyat  Rusia    Matvey  Genrikhovich  Manizer,  dibantu  oleh  putranya  Ossip  Manizer. Patun yang  terdapat  di  daera Menteng  tersebut  di  buat  setela Presiden  pertama  kita Soekarno  tertarik       melihat  patun patung  Zoe  Kosmodemyanskoy,  juga  patung-patung  yang ada pada stasiuMetro Moskow  "RevolutioSquare" dan "Ismail di Rusia.
Penutup

Dalam makalah inihanya sebagian kecil saja dari sekian banyak jenis karya seni murni  dan  terapan    mancanegara  .  Namun,  dari  yansedikit  ini,  diharapkan  pembaca dapat  mengambimanfaat.  Dengan  adanya  pengenalan  berbagai macam karya  seni dari berbagai  belahan  dunia,  kita  akan  mendapatkan  ide  untuk  membuat  suatinovasi atau modifikasi.
Disadari  makalah  ini  jauh  dari  kesempurnaan,  maka  kami  harapkan  pembaca
memberikan  kritik  dan saran untuk dijadikaevaluasi.
SUMBER


russianushanka.com

 https://www.slideshare.net/septianraha/makalah-seni-budaya-rusia-21?qid=dff1d6aa-82cb-4d6b-b861-63e0a592c524&v=&b=&from_search=3

Related Post



Post a Comment