MAKALAH ASPEK YANG MEMPENGARUHI BENTUK AKHLAK

Posted by GLOBAL MAKALAH

MAKALAH ASPEK YANG MEMPENGARUHI BENTUK AKHLAK


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Strategis sekali dikalangan siswa/mahasiswa diadakan  pendidiakan agama/akhlak tasawuf, dijadikan pusat perilaku yang kurang baik pada siswa /mahasiswa untuk diarahkan menuju keperilaku yang baik. Maka dibutuhkan beberapa unsur dalam pendidikan, untuk bisa dijadikan agent perubahan sikap dan perilaku manusia.maka dari itu saya senang membuat makalah “ ASPEK YANG MEMPENGARUHI BENTUK AKHLAK “ Sehingga materi ini membuat klompok 1 bisa mengetahui ,memahami,membimbing diri dan mengajarkan ke siswa/ lainya.

B.     Rumusan Masalah
Mahasiswa BKI  salah satunya menjadi tenaga pendidik (pengajar) perlu memiki kemampuan profesionallitas . Dia harus mampu memberikan wawasan, materi, mengarahkan dan membimbing anak didiknya, ke hal yang baik/ahlak baik, Dengan penuh perhatian, sabar, ulet, tekun, dan berusaha terus menerus,materi makalah ini sebagai bekal nanti sebagai pengajar,pendidik,pembimbing masalah akhlak.aspek yang mempengaruhi akhlak seseorang yaitu
1.            Insting dan naluri
2.            Pola dasar bawaan
3.            Lingkungan
4.            Kebiasaan/adat
5.            Pendidikan

C.    Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun agar klompok 1 dan yang menyimak ,berdiskusi ;memahami aspek – aspek yang dapat mempengaruhi terbentuknya akhlak manusia sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari menuju pribadi yang berakhlak serta mengajarkan ke yang lain.
BAB II
ASPEK YANG MEMPENGARUHI BENTUK AHLAK

A.    Insting dan Naluri
Aneka corak refleksi sikap, tindakan dan perbuatan manusia dimotivasi oleh potensi kehendak yang dimotori oleh insting seseorang, Insting merupakan seperangkat tabi”at yang dibawa manusia sejak lahir. Menurut james, insting adalah suatau alat yang dapat menimbulkan perbuatan yang menyampaikan pada tujuan dengan berfikir lebih dahulu kearah tujuan itu dan tiada dengan didahului latihan perbuatan itu. Para psikolog menjelaskan bahwa insting (naluri) berfungsi  sebagai motivator pengerak yang mendorong lahirnya tingkah laku, antara lain: Naluri makan,naluri jodoh,naluri bekerja dll.

B.     Pola Dasar Bawaan
Secara individu kepribadian Muslim mencerminkan cirri khas yang berbeda. Ciri khas tersebut diperolah berdasarkan potensi bawaan. Dengan demikian secara potensi (pembawaan) akan dijumpai adanya perbedaan kepribadian antara seorang muslim dengan muslim lainnya. Namun perbedaan itu terbatas pada seluruh potensi yang mereka miliki, berdasarkan factor pembawaan masing-masing meliputi aspek jasmani dan rohani. Pada aspek jasmani seperti perbedaan bentuk fisik, warna kulit, dan cirri-ciri fisik lainnya. Sedangkan pada aspek rohaniah seperti sikap mental, bakat, tingkat kecerdasan, maupun sikap emosi.
Secara individu sifat bawaan orang islam dengan non islam itu berbeda cara dan metodenya walaupun sama pola dasar bawaan untu menyembah tuhan .( fitrah manusia )

C.    Lingkungan
Lingkungan ialah suatu yang melingkupi tubuh yang hidup. Lingkungan manusia merupakan apa yang melingkunginya dari negeri, lautan, sungai, udara dan bangsa. Lingkungan ada dua macam yaitu Lingkungan alam, lingkungan pergaulan .

D.    Kebiasaan
 Adat / kebiasaan adalah setiap tindakan dan perbuatan seseorang yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan.Perbuatan yang telah menjadi adat kebiasaan, tidak cukup hanya di ulang-ulang saja, tetapi harus disertai kesukaan dan kecendrungan hati terhadapnya.
Segala perbuatan, baik atau buruk, akan menjadi adat kebiasaan karna dua faktor: “ kesukaan hati kepada sesuatu pekerjaan dan menerima kesukaan itu dengan melahirkan sesuatu perbuatan, dan dengan di ulang- ulang secukupnya”.

E.     Pendidikan
Dunia pendidikan, sangat besar sekali pengaruhnya terhadap perubahan perilaku, dan akhlak seseorang. Bebagai ilmu diperkenalkan agar siswa/mahasiswa  memahaminya dan dapat melakukan suatu perubahan pada dirinya. Begitu pula apabila, siswa/mahasiswa  diberi pelajaran “AKHLAK”, maka memberi tahu bagaimana seharusnya manusia itu bertingkah laku, bersikap terhadap sesamanya, dan pernciptanya(Tuhan).
Dengan demikian , strategis sekali dikalangan pendidiakn dijadikan pusat perilaku yang kurang baik untuk diarahkan menuju keperilaku yang baik. Maka dibutuhkan pelajaran ahlak dalam pendidikan, untuk bisa dijadikan agent perubahan sikap dan perilaku manusia.



BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dari uraian diatas pemakalah KELOMPOK 1 dapat memahami bahwa aspek – aspek yang dapat mempengaruhi terbentuknya akhlak manusia antara lain;
1.            Insting dan naluri
2.            Pola dasar bawaan
3.            Lingkungan
4.            Kebiasaan/adat
5.            Pendidikan
Perilaku orang tua bisa saja menurun kepada anak. Karena orang tua merupakan orang terdekat bagi sang anak, maka untuk itu sebelum menjadi orang tua marilah kita terus memperbaikai akhlak kita agar keturunan kita nanti bisa menjadi penerus – penerus yang mampu memberikan akhlak yang baik harapan untuk agama dan bangsa indonesia.






DAFTAR PUSTAKA


Zahrudin,  Pengantar Studi Akhlak, PT. Radja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.
Deswita, Akhlak Tasawuf, STAIN Batusangkar Press, Batusangkar, 2010.
http.//Kumpulanmakalahkuliah.blogspot.com



NAMA NAMA KLOMPOK 1
KETUA KLOMPOK : KADIMANTORO
ANGGOTA                :
1.    ABDURROHMAN
2.    AGUS IMANUL BAIHAQI
3.    CASWATI
4.    FIRLI RODIANTI
5.    HILDA YANI
6.    KUDROTUN ANISA
7.    NUROHMAN
8.    SITI MARYAM
9.    YOCI SEPTIYANDI
10. BARWI
Filenya bisa download di bawah ini 

Related Post



Post a Comment