MAKALAH ASPEK YANG MEMPENGARUHI BENTUK AKHLAK
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Strategis sekali dikalangan
siswa/mahasiswa diadakan pendidiakan
agama/akhlak tasawuf, dijadikan pusat perilaku yang kurang baik pada siswa
/mahasiswa untuk diarahkan menuju keperilaku yang baik. Maka dibutuhkan
beberapa unsur dalam pendidikan, untuk bisa dijadikan agent perubahan sikap dan
perilaku manusia.maka dari itu saya senang membuat makalah “ ASPEK YANG
MEMPENGARUHI BENTUK AKHLAK “ Sehingga materi ini membuat klompok 1 bisa mengetahui
,memahami,membimbing diri dan mengajarkan ke siswa/ lainya.
B.
Rumusan
Masalah
Mahasiswa BKI salah satunya menjadi tenaga pendidik
(pengajar) perlu memiki kemampuan profesionallitas . Dia harus mampu memberikan
wawasan, materi, mengarahkan dan membimbing anak didiknya, ke hal yang baik/ahlak
baik, Dengan penuh perhatian, sabar, ulet, tekun, dan berusaha terus
menerus,materi makalah ini sebagai bekal nanti sebagai
pengajar,pendidik,pembimbing masalah akhlak.aspek yang mempengaruhi akhlak
seseorang yaitu
1.
Insting dan naluri
2.
Pola dasar bawaan
3.
Lingkungan
4.
Kebiasaan/adat
5.
Pendidikan
C.
Tujuan
Penulisan
Makalah ini disusun agar klompok 1 dan
yang menyimak ,berdiskusi ;memahami aspek – aspek yang dapat mempengaruhi
terbentuknya akhlak manusia sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari
hari menuju pribadi yang berakhlak serta mengajarkan ke yang lain.
BAB II
ASPEK YANG MEMPENGARUHI BENTUK AHLAK
A. Insting
dan Naluri
Aneka corak refleksi sikap, tindakan dan perbuatan manusia
dimotivasi oleh potensi kehendak yang dimotori oleh insting seseorang, Insting
merupakan seperangkat tabi”at yang dibawa manusia sejak lahir. Menurut james,
insting adalah suatau alat yang dapat menimbulkan perbuatan yang menyampaikan
pada tujuan dengan berfikir lebih dahulu kearah tujuan itu dan tiada dengan
didahului latihan perbuatan itu. Para psikolog menjelaskan bahwa insting
(naluri) berfungsi sebagai motivator
pengerak yang mendorong lahirnya tingkah laku, antara lain: Naluri makan,naluri
jodoh,naluri bekerja dll.
B. Pola
Dasar Bawaan
Secara individu kepribadian Muslim mencerminkan cirri khas
yang berbeda. Ciri khas tersebut diperolah berdasarkan potensi bawaan. Dengan
demikian secara potensi (pembawaan) akan dijumpai adanya perbedaan kepribadian
antara seorang muslim dengan muslim lainnya. Namun perbedaan itu terbatas pada seluruh
potensi yang mereka miliki, berdasarkan factor pembawaan masing-masing meliputi
aspek jasmani dan rohani. Pada aspek jasmani seperti perbedaan bentuk fisik,
warna kulit, dan cirri-ciri fisik lainnya. Sedangkan pada aspek rohaniah
seperti sikap mental, bakat, tingkat kecerdasan, maupun sikap emosi.
Secara
individu sifat bawaan orang islam dengan non islam itu berbeda cara dan
metodenya walaupun sama pola dasar bawaan untu menyembah tuhan .( fitrah
manusia )
C. Lingkungan
Lingkungan ialah suatu yang melingkupi tubuh yang hidup.
Lingkungan manusia merupakan apa yang melingkunginya dari negeri, lautan,
sungai, udara dan bangsa. Lingkungan ada dua macam yaitu Lingkungan alam,
lingkungan pergaulan .
D. Kebiasaan
Adat / kebiasaan
adalah setiap tindakan dan perbuatan seseorang yang dilakukan secara
berulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan.Perbuatan yang
telah menjadi adat kebiasaan, tidak cukup hanya di ulang-ulang saja, tetapi
harus disertai kesukaan dan kecendrungan hati terhadapnya.
Segala perbuatan, baik atau buruk, akan menjadi adat
kebiasaan karna dua faktor: “ kesukaan hati kepada sesuatu pekerjaan dan
menerima kesukaan itu dengan melahirkan sesuatu perbuatan, dan dengan di ulang-
ulang secukupnya”.
E. Pendidikan
Dunia pendidikan, sangat besar sekali pengaruhnya terhadap
perubahan perilaku, dan akhlak seseorang. Bebagai ilmu diperkenalkan agar siswa/mahasiswa
memahaminya dan dapat melakukan suatu
perubahan pada dirinya. Begitu pula apabila, siswa/mahasiswa diberi pelajaran “AKHLAK”, maka memberi tahu
bagaimana seharusnya manusia itu bertingkah laku, bersikap terhadap sesamanya,
dan pernciptanya(Tuhan).
Dengan demikian , strategis sekali dikalangan pendidiakn
dijadikan pusat perilaku yang kurang baik untuk diarahkan menuju keperilaku yang
baik. Maka dibutuhkan pelajaran ahlak dalam pendidikan, untuk bisa dijadikan
agent perubahan sikap dan perilaku manusia.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas pemakalah KELOMPOK 1 dapat memahami bahwa
aspek – aspek yang dapat mempengaruhi terbentuknya akhlak manusia antara lain;
1.
Insting
dan naluri
2.
Pola
dasar bawaan
3.
Lingkungan
4.
Kebiasaan/adat
5.
Pendidikan
Perilaku orang tua bisa saja menurun kepada anak. Karena
orang tua merupakan orang terdekat bagi sang anak, maka untuk itu sebelum
menjadi orang tua marilah kita terus memperbaikai akhlak kita agar keturunan
kita nanti bisa menjadi penerus – penerus yang mampu memberikan akhlak yang
baik harapan untuk agama dan bangsa indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Zahrudin, Pengantar
Studi Akhlak, PT. Radja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.
Deswita, Akhlak
Tasawuf, STAIN Batusangkar Press, Batusangkar, 2010.
http.//Kumpulanmakalahkuliah.blogspot.com
NAMA NAMA KLOMPOK 1
KETUA KLOMPOK : KADIMANTORO
ANGGOTA :
1.
ABDURROHMAN
2.
AGUS
IMANUL BAIHAQI
3.
CASWATI
4.
FIRLI
RODIANTI
5.
HILDA
YANI
6.
KUDROTUN
ANISA
7.
NUROHMAN
8.
SITI
MARYAM
9.
YOCI
SEPTIYANDI
10.
BARWI
Filenya bisa download di bawah ini
Post a Comment