METODE PENGEMBANGAN BAHASA
Keterangan :
ingin download filenya anda bisa download disini
==================================================================
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
Kelompok / Usia
|
: B /5-6 Tahun
|
Semester / Minggu
|
: I/II
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Tema / Sub Tema
|
: Binatang / Binatang ternak
|
|
(Domba)
|
KD : 3.12 – 4.12, 3.11-4.11
A.
Indikator
-
Menyebutkan lambing
– lambing huruf yang di kenal (3,12,4,12)
-
Mengenal
berbagai macam lambing huruf vocal dan konsonan (3,12,4,12)
-
Mengulang
kalimat yang lebih kompleks (3,11,4,11)
-
Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks (3,11,4,11)
B.
Materi Kegiatan
-
Menyebutkan lambing
huruf pada kata “ DOMBA”
-
Mengenal lambing
huruf vocal pada kata “ DOMBA”
-
Menjawab
pertanyaan tentang “ DOMBA”
-
Mengulang sajak “
DOMBA”
C.
Tujuan Pembelajaran
-
Anak dapat
menyebutkan lambing huruf pada kata “ DOMBA”
-
Anak mampu
mengenal lambing huruf vocal pada kata “ DOMBA”
-
Anak mampu
menjawab pertanyaan tentang “DOMBA”
-
Mengulang sajak “DOMBA”
D.
Metode
Metode : bercakap – cakap, Tanya jawab,
unjuk kerja.
E.
Alat Peraga, Media, Sumber Belajar
-
Alat Peraga = Boneka Domba
-
Media = Gambar Domba
-
Sumber Belajar = Kurikulum 2013, Gambar Kreasi Guru.
F.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pembukaan
o Salam Do’a
o Apersepsi, bercakap – cakap tentnag binatang sebagai
ciptaan Allah termasuk domba
o Tanya jawab sekitar domba
o Guru mengucapkan sajak sederhana tentang domba
2.
Inti
o Guru memperlihatkan gambar domba
o Guru menunjukan dan menyebutkan huruf – huruf yang
ada pada kata “ Domba”
o Guru Meminta anak mengikuti tulisan huruf yang ada pada kata “ Domba”
o Anak melingkari huruf vocal yang ada pada kata “Domba”
pada lembar kerja anak.
3.
Penutup
-
Guru mengulang
sejak sederhana “Domba”
-
Guru memberi
penguatan pada materi yang sudah di laksanakan
-
Pesan dan kesan
-
Do’a, Salam,
Pulang
G.
Evaluasi
-
Alat evaluasi =
observasi, penugasan
-
Kriteria penilaian
BB
|
Anak belum melaksanakan walau sudah di kasih
Contoh.
|
MB
|
Anak mampu di berikan kegiatan dengan diberi
contoh
|
BSH
|
Anak mampu melaksanakan kegiatan tanpa diberi
contoh
|
BSB
|
Anak mampu melakukan kegiatna dan membantu
temannya.
|
|
Indramayu, November 2018
Guru
Kelompok
(SARI
FRESTIKA. D)
|
PENILAIAN HARIAN
Kelompok/Usia
|
:
|
Semester / Minggu
|
:
|
Hari, Tanggal
|
:
|
Tema/Sub Tema
|
:
|
No
|
Materi
Kegiatan
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyebutkan lambing huruf pada kota “ Domba”
|
|
|
|
|
2.
|
Mengenal Lambang Huruf Vokal pada kata “Domba”
|
|
|
|
|
3.
|
Menjawab pertanyaan tentang Domba
|
|
|
|
|
4.
|
Mengulang sajak “Domba”
|
|
|
|
|
|
Indramayu, November 2018
Guru
Kelompok
(SARI
FRESTIKA. D)
|
*) Sajak Sederhana
“Domba”
Dombaku berbulu putih
Berkaki empat
Mbee bunyimu
Rumput makanan Mu
Itulah Dombaku.
Post a Comment