MAKALAH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)

Posted by GLOBAL MAKALAH


BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

K eselamata da kesehata kerj merupaka suat pemikira dan upaya  untuk   menjamin  keutuhan  dan  kesempurnaan  baik   jasmani  maupun rohani.  Dengan  keselamatan  dakesehatakerja  maka  para  pihak diharapkan    dapat    melakukan    pekerjaan    dengan    aman    dan    nyaman. P ekerjaan    dikataka ama jik apapun   yang   dilakuka ole pekerja tersebut,     resiko     yang     mungkin     muncul    dapat    dihindari.     P ekerjaan dikatakan nyaman jika para pekerja yang bersangkutan dapat melakukan pekerjaa dengan  merasa nyaman  dan betah,  sehingga  tidamudah  capek.
S etiap    tahun    di    dunia    terjadi 270    juta    kecelakaan    kerja,    160

juta pekerja    menderita    penyakit    akibatkerja,    kematian    2.2    juta    dan kerugian      finansial      sebesar      1.25      triliun      US D.      S edangkan      di Indonesiamenurut  data  P T.  Jamsostek  (P ersero)  dalam  periode  2002 - 2005 terjad lebi dari   300 rib kecelakaankerja 500 kematian,   50 cacat tetap      dan      konpensasi     lebih      dari     Rp. 550      milyar.      K onpensasi ini adalahsebagia dar kerugia langsung   da 7.5 jut pekerja    sektor forma yang akti sebaga pesertaJamsostek Diperkiraka kerugian   tidak langsung    dari    seluruh    sektor    formal lebih    dari    Rp. 2    triliun,dimana sebagian    besa merupaka kerugian duni usaha.(DK 3N ,2007).    Melihat angka- angka    tersebuttentu    saja    bukan    suatu    hal yang    membanggakan, akan    tetapi    hendaklah    dapat    menjadi    pemicu    bagidunia    usaha    dan kita semua  untuk  bersama - sama  mencegah  dan mengenda l ika nn ya
K eselamatan    dan    kesehatan    kerja    merupakan    salah    satu    aspek perlindungan   tenaga   kerja  yang  diatur  dalam  Undang- Undang  N omor  13
Tahun   2003.    Dengan    menerapkan    teknologi   pengendalia keselamatan dan   kesehatan   kerja diharapkan  tenaga  kerja  akan  mencapai  ketahanan fisik,    daya    kerja,    dan    tingkat    kesehata yang   tinggi.    Disamping   itu keselamata da kesehata kerj dapa diharapka untuk   menciptakakenyamana kerj dan   keselamatan   kerj yang   tinggi Jadi unsur   yang ad dalam  kesehatan   dan   keselamatan   kerj tida terpaku   pada  faktor fisik,  tetapi juga  mental,  emosiona l  dan psikologi.
Meskipun  ketentuan  mengenakesehatan  dan  keselamatan  kerja  telah diatur    sedemikian    rupa,    tetap dala praktiknya    tidak    sepert yang diharapkan.    Begitu    banyak     faktor    di    lapangan    yang    mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja seperti faktor manusia, lingkungan dan psikologis.    Masih    banyak    pe rusahaan    yang    tidak    memenuhi    standar keselamatan  dan  kesehatan  kerja.   Begitu  banyak  berita  kecelakaan  kerja yang   dapa kit saksikan.   Dalam   makala ini   kemudia aka dibahas mengenai permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja serta bagaimana mewujudka nny a  dalam keadaan yang  nyata.

B. RUMUS AN  MAS ALAH

1.        Apa pengertia n  K esehatan  dan keselamata n  K erja?
2.        Apa yang  menjadi  dasar adanya   kesehatadan keselamata n  kerja?
3 .        Apa yang  menjadi  penyebab  terjadinya  kecelakaan  kerja?
4 .        Apa yng  menjadi  masalah  dalam  kesehatan  dan keselamata n  kerja?
5.        Upaya apa yang  dapat dilakuka n  dalam  mencegah  kecelakaan  kerja?
C. TUJUAN 
1.        Mengetahui  pengertia n  K esehatan  dan keselamata n  K erja.
2.        Mengetahui  dasar adanya   kesehatan  dan keselamata n  kerja.
3 .        Untuk  mengeta hui  penyebab  dan fak tor  terjadinya  kecelakaan  kerja.
4 .        Untuk  mengeta hui  masalah  dalam  kesehatan  dan keselamatan  kerja.
5.        Untuk  mengeta hui  upaya yang  dapat dilakuka n  untuk  mencegahnya.


BAB II P EMBAHAS AN

I.         P engertia n  K esehatan  dan K eselamatan  K erja

1 Menurut   Mangkunegara keselamata da kesehata kerj adalah   suatu pemikiran    dan    upaya    untuk    menjami keutuha da kesempurnaa baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya,    hasil    karya    dan    budaya    untuk    menuju    masyarakat    adi dan makmur.
2 Menurut   S umamur   (1981 2) keselamata kerj merupaka rangkaian usaha   untuk   menciptakan   suasana   kerj yang   aman   dan  tentram  bagi  para karyawan  yang  bekerja di perusahaan  yang  bersangkuta n.
3 Menurut     S imanjuntak      (1994),      keselamatan     kerja     adalah     kondisi

keselamatan  yang  bebas  dari  resiko   kecelakaan  dan  kerusakan  dimana  kita bekerja yang mencakup tentang kondisi bangunan, kondisi mesin, peralatan keselamata n,  dan kondisi  pekerja
4 Mathi da Jackson,    menyataka bahw keselamata adala merujuk pad perlindunga terhada kesejahteraa fisi seseorang   terhada cidera yang    terkait    dengan    pekerjaan. K esehatan    adalah    merujuk    pada    kondisi umum  fisik,  mental  dan stabilitas  emosi  secara umum.
5 Menurut   Ridley,   John   (1983) mengartikan   kesehatan   dan   keselamatan kerj adalah   suatu  kondisi  dalam  pekerjaan  yang  sehat  dan  aman  baik   itu bagi   pekerjaannya,    perusahaan    maupun    bagi   masyarakat    dan    lingkungan sekitar  pabrik  atau tempat  kerja tersebut.
6 Jackson,      menjelaskan      bahwa      kesehatan      dan      keselamatan      kerja

menunjukka kepad kondisi- kondis fisiologis - fisika da psikologi tenaga kerja     yang     diakibatkan    oleh    lingkungan    kerja    yang    disediakan    oleh perusahaan.
7 Ditinja dar sudut   keilmuan,   kesehatan   da keselamatan   kerj adalah ilm pengetahua da penerapannya   dala usaha   mencegah   kemungkinan terjadinya  kecelakaan  dan  penyakit  akibat  kerja  di tempat  kerja.  (LalHusni,
2003: 138).
S etelah  melihat  berbagai  pengertian  di  atas,  pada  intinya  dapat  ditarik kesimpulan  bahwa  kesehatan  dan  keselamatakerja  adalasuatu  usaha  dan upaya  untuk   menciptakan  perindungan  dan  keamanan  dari  resiko  kecelakaan dan    bahaya    baik     fisik,     mental    maupun    emosional    terhadap     pekerja, perusahaan,   masyaraka dan   lingkungan.   Jadi  ber bicar mengenai  kesehatan da keselamata kerj tida melulu   membicarakan   masalah   keamanan   fisik dari para pekerjatetapi menyangk ut  berbagai unsur  dan pihak.
II.        Undang-  Undang  K esehatadan K eselamata n  K erja

UU K eselamata n  K erja yang  digunaka n  untuk  mencega h  terjadinya kecelakaan  kerja, menjami n  suatproses produksi  berjalan  teratur  dan sesuai rencana,  dan mengatur  agar proses produksi  berjalan  teratur  dan sesuai rencana, dan mengat ur  agar proses produksi tidak  merugika n  semua  pihak.  S etiap  tenaga kerja berhamendapatka n  perlindun ga n  keselamata n  dalam melakuka n pekerjaannya  untuk  kesejahteraan  dan meningka tka n  produksi  S erta produktifita s nasiona l.
UU K eselamatan  K erja yang  berlaku  di Indonesia  sekarang adalah  UU

K eselamatan  K erja (UUK K ) N o. 1 tahun  1970. Undang- unda ng  ini  merupakan undang- unda ng  pokok yang  memuat  aturan- atur a n  dasar atau ketentuan- kete nt ua n umum  tentang  keselamata n  kerja di segala  macam  tempat  kerja yang  berada di wilaya h  kekuasaan  hukum  N K RI.
Dasar hukum  UU N o. 1 tahun  1970 adalaUUD 1945 pasal 27 (2) dan UU N o. 14

tahun  1969. P asal 27 (2) menyataka n  bahwa:  Tiap - tiap  warganegar a  berhaatas

pekerjaadan penghid up a n  yang  layak  bagi kemanus iaa n.  Ini berarti setiap  warga

negara  berhak  hidup  layak  dengan  pekerjaan  yang  upahnya  cukup  dan tidak menimb ulka n  kecelakaan/  penyakit.  UU N o. 14 tahun  1969 menyebutk a n  bahwa tenaga  kerja merupakan  modal  utama  serta pelaksana  dari pembanguna n.
Ruang  lingk up  pemberlakua n  UUK K dibatasi  oleadanya  3 unsur  yang  harus dipenuhi  secara kumula t i f  terhadap  tempat  kerja.

Tiga  unsur  yang  harus  dipenuhi  adalah:

a. Tempat  kerja di mana  dilakukan  pekerjaan bagi suatu  usaha.
b.Adanya  tenaga  kerja, dan

c. Ada bahaya  di tempat  kerja.

UUK K bersifat  preventif,  artinya  dengan  berlakunya  undang - unda n g  ini, diharapkan  kecelakaan  kerja dapat dicegah.  Inilah  perbedaaprinsip il  yang membedakan  dengan  undang- unda ng  yang  berlaksebelumnya.   UUK K bertujuan untuk  mencegah,  mengura ngi  dan menjamin  tenaga  kerja dan orang  lain  ditempat kerja untuk  mendapatkan  p erlind unga n,  sumber  produksi  dapat dipakai  dan digunaka n  secara aefisie n,  dan proses produksi  berjalan  lancar.

K esehatadan keselamata n  kerja juga  diatur  oleILO dalam K onvensi  N o.

155 Tahun  1981 tentang  K eselamatan  dan K esehatan  K erja, Rekomendas i  N o. 1 64

Tahun  1981 tentang  K eselamata n  dan K esehatan  K erja, dan instrume n  lain

O rganisas i  P erburuha n  Internasio na l  yang  relevan  dengan  landasan  peningkat a n keselamata n  dan kesehatan  kerja .

P edomadari ILO (Internat io na l  Labour  O rganiza t io n)  menerangka n  bahawa kesehatan  kerja sangat  penting  untuk  mencegah  terjadinya  kecelakaan  kerja.
P edomaitantara  lain:

a. Melind ungi  pekerja dari setiakecelakaan  kerja yang  mungk in  timbul  dari pekerjaadan lingk unga n  kerja.
b. Membantu  pekerja menyesua ika n  diri  dengan  pek erjaannya

c. Memelihara  atau memperba ik i  keadaan fisik,  mental,  maupun  sosial  para pekerja.
III.      F aktor penyebab  terjadinya  kecelakaan

K ecelakaan  tidak  terjadi  begitu  saja,  kecelakaan  terjadi  karena  tindakan yang  salah  atau  kondisi  yang  tidak  aman.  K elalaian  sebagai  sebab  kecelakaan
merupakan nilai tersendiri dari teknik keselamatan. Ada pepatah yang mengungkapka tindaka yang   lalai   seperti   kegagala dalam   meliha atau berjalamencapai suatu  yang  jauh  diatas  sebuatanggaHal tersebut menunjukkan    cara    yang   lebi baik    selama untuk    menghilangka kondisi kelalaian  dan  memperbaikkesadaran  mengenakeselamatan  setiap  karyawan pabrik.

Diantar kondisi  yang   kurang  aman  salah  satunya  adalah  pencahayaan, ventilasi     yang     memasukkan     debu     dan     gas,     layout     yang     berbahaya ditempatka deka denga pekerja pelindung   mesin   yang   ta sebanding, peralatan  yang  rusak,   peralatan  pelindung  yang  tak   mencukupi,   seperti  helm dan gudang  yang  kurang  baik.

Diantara    tindakan    yang    kurang    ama salah    satunya    diklasifikasikan seperti latihan sebagai kegagalan menggunakan peralatan keselamatan, mengoperasikan pelindung mesin mengoperasikan tanpa izin atasan, memakai kecepatan     penuh,     menambah     daya     dan     lain- lain.     Dari    hasil    analisa kebanyakan  kecelakaan  biasanya  terjadi  karena  mere ka  lalai  ataupun  kondisi kerj yang   kurang   aman K eselamata dapa dilaksanaka sedini  mungkin, tetapi      untuk      tingkat      efektivitas      maksimum,      pekerja      harus      dilatih, menggunaka n  peralatan  keselamata n.

Adapun  7 penyebab  terjadinya  kecelakaan  kerja


1.               Mengambil  jalan  pintas: tiap  hari kita mengambil keputusan dan berharaakan membuat    pekerjaan    lebi cepa da lebi efisien.    Tetapi   apaka wakt yang mengamankatiap  resiko  keselamataAnda? Jalan pintas menurunkan keselamatan anda dala bekerj dan   meningkatkan   kemungkinan   Anda   cidera Percay atau   tidak, sebenarnya perilaku yang safe lah yang paling efisien dan efektif. Berbicara mengenai keefektifan    da keefesienan,    ergonom ata K3    sanga berpera pentin untuk mengeliminasi waste (hal-hal yang mengganggu  keefesienan).
2.   Percaya  diri  yang  berlebih: percaya  diri itu  bagus.  Tetapi terlalu  percaya  diri kadang

tidak   terlalu  bagus.  Perilaku  seperti  ini  dapat  menyebabkan  prosedur,  perkakas  atau
metode kerja yang tidak  benar dalam pekerjaan Anda. Hal ini dapat menyebabkan Anda cidera.
3.   Memulai   tugas   dengan   instruks yang   tidak   tuntas: untuk   melakukan  pekerjaan

dengan aman dan benar pertama kali Anda perlu informasi yang tuntas. Pernahkan Anda melihat  seorang  pekerja  disurumelakukan  pekerjaanhanya diberikan sebagian instruksi kerja? Jangan malu bertanya untuk dijelaskan tentang prosedur kerja dan peringatan keselamatan.  Hal ini tidaklah membuat Anda bodoh bertanya tentang hal ini tetapi Anda salah jika tidak bertanya.
4.   Kerapian  yang  buruk: ketika  klien,  manajer,  atau  petugas  keselamatan  melewati area kerja  Anda,  kerapian  adalah  indikator  yang  akurat  menilai  perilaku  seseorang  tentang qualitas,   produktifitas  dan  keselamatan.   Kerapihan  yang  buruk   menimbulkan  berbagai tipe bahayaArea kerja yang rajinrapih dan dirawat membuat kebanggaan, kenyamanan dan  keselamatan  meningkat.  Kerapian  ini  dalam industri sering  disebut  dengan  5S  atau
5R.

5.   Tidak   memperdulikan  prosedur  keselamatan: dengan  sengaja  tidak  memperdulikan prosedur  keselamatan  dapat  membahayakan  Anda  dan  rekan  kerja  And a.  Anda  digaji untuk mengikuti kebijakan keselamatan  perusahaan bukan membuat aturan Anda sendiri.
6.   Ganguan mental dari pekerjaan: memiliki hari yang buruk  di rumah dan cemas dengan

permasalahan di rumah ketika di tempat kerja adalah kombinasi yang berbahayaMental yang jatuh dapat membuat fokus anda buyar untuk mengikuti prosedur kerja yang aman.
7.   Gagal  merencanakan  pekerjaan: banyak   referensi  yang  mengatakan  tentang  analisa bahaya  kerja  JSA  adalah  cara  yang  efektif  untuk  menemukan  cara  yang  pintar  dalam bekerja  dengaaman  daefisien.  Bekerja  dengatergesa-gesa  saat memulai pekerjaan, atatidak  berfikir  tentang  proses  kerja  dapat  menempatkaanda  melakukacara yang berbahaya.  Lebih  baik  rencanakan  pekerjaan  anda  kemudian  bekerjalah  sesuarecana tersebut.

IV.      Masalah  K esehataDan K eselamatan  K erja
K inerja    (performen)    setiap    petugas    kesehatan    dan    non    kesehatan merupaka resultant dar tiga   kompone kesehatan   kerj yaitu   kapasitas kerja,    beban    kerj da lingkunga kerj yang   dapa merupaka beban tambaha pad pekerja Bil ketiga   kompone tersebut   serasi   mak bisa dicapai    suatu    derajat    kesehatan    kerja    yang    optimal    dan    peningkatan

produktivitas S ebaliknya   bil terdapa ketida serasian   dapa menimbulkan masala kesehata kerj berup penyaki ataupun   kece lakaan   akiba kerja yang  pada akhirnya  akan menurunka n  produktivitas  kerja.

a)  Kapasitas Kerja

Status  kesehatamasyarakat  pekerja  di Indonesia pada umumnya belum memuaskan. Dari beberapa  hasil penelitian  didapat  gambaran  bahwa  30-40%  masyarakat  pekerja kurang kalori protein,  30% menderita anemia gizi dan 35% kekurangan zat besi tanpa anemia.  Kondisi  kesehatan  sepertintidak  memungkinkan  bagi  para  pekerja  untuk bekerja  dengan  produktivitas  yang  optimal.  Hal ini diperberat  lagi dengan  kenyataan bahwa angkatan kerja yang ada sebagian besar masih di isi oleh petugas kesehatan dan non    kesehatan    yang    mempunya banyak    keterbatasan,    sehingg untuk    dalam melakukan  tugasnya  mungkin  sering  mendapat  kendala  terutama  menyangkumasalah PAHK dan kecelakaan kerja.
b)  Beban Kerja

Sebagai pemberi jasa pelayanan kesehatan maupun yang bersifat teknis beroperasi 8  -

24   jam  sehari,   dengan  demikian  kegiatan  pelayanan  kesehatan  pada  laboratorium menuntut  adanya  pola  kerja  bergilirdan  tugas/jaga  malam.  Pola  kerja  yang  berubah- ubah dapat menyebabkan kelelahan yang meningkatakibat terjadinya perubahan pada bioritmik  (irama  tubuh).  Faktor  laiyanturut  memperberat  beban  kerja  antara  lain tingka gaji   da jamina sosial   bagi   pekerj yan masi relati rendah yang berdampak   pekerja  terpaksa  melakukan  kerja  tambahan  secara  berlebihan.  Beban psikis ini dalam jangka waktu lama dapat menimbulkastres.
c)  LingkungaKerja
Lingkungan  kerja  bila  tidak   memenuhi  persyaratan  dapat  mempengaruhi  kesehatan kerja dapat menimbulkan Kecelakaan K erja (Occupational Accident)Penyakit Akibat Kerja  daPenyakit  Akibat  Hubungan Kerja (Occupational Disease & WorRelated Diseases).
V.        Upaya yang  dapat dilakukan  untuk  mencega h  terjadinya  kecelakaakerja
K onsep kesehatan  dan keselamatan  kerja
Meminimalisir     kecelakaan     dengan     mengadakan     pelatihan- pelatihan pekerjaan      sehingga      karyawan     bekerja     dengan     mengembangkan perilaku  yang  menyadar i  keamanan.
5.       Mengurangi  tindakan  keamanan  melalui  motivas i
Melalui  posterprogram  insent if  dan penguatan  positif



Related Post



Post a Comment