MAKALAH MICROSOFT EXCEL
Salam semangat pagi,
kali ini saya membuat Makalah yang berjudul : Makalah Microsoft Excel, dimana tugas ini diberikan pada siswa
SMK/SMA kelas X TKJ, yaitu dengan mata pelajaran Simdig (Simulasi Digital), karena SMP tidak lagi menerapkan
Pelajaran TIK.
Untuk Demo Priview nya anda bisa lihat di
bawah ini /klik Link disini :
Sedangkan untuk
download filenya anda bisa langsung Klik di bawah ini :
================================================================
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Microsoft Excel (MS.Excel) merupakan program aplikasi
spreadsheet (lembar kerja elektronik). Lembatang sebar atau Lembar lajur
(Bahasa Inggris: spreadsheet) adalah tabel informasi/data berbentuk
kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang
digunakan untuk melakukan analisa komparatif. Bentuk analisa dan perhitungan
yang lain dapat berupa analisa statistik, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule
dan lain sebagainya.
Software
spreadsheet merupakan aplikasi yang penting terutama untuk keperluan kantor.
Hampir semua program untuk aplikasi perkantoran menyertakan spreadsheet di
dalamnya, misalnya MS Excel (Microsoft Office), Lotus 1-2-3 (Lotus SmartSuite),
Quatro Pro (WordPerfect Office), Applixware Spreadsheet (Applixware), StarCalc
(StarOffice), KSpread (KOffice), Gnumeric (Gnome Office), dan Siag (Siag Office).
Selain itu ada beberapa program spreadsheet yang berdiri sendiri atau tidak
masuk ke dalam kelompok suatu aplikasi perkantoran, misalnya abs, Xxl, Abacus,
Maxwell's Lemur, GNU Oleo, sc (spreadsheet calculator), dll. Excel akan sangat
membantu dalam menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mampu
mempresentasikan data dalam bentuk bar, grafik, pie, line dan lain-lain.
Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel: Aktifkan computer atau laptop
terlebih dahulu. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar. Setelah itu
muncul sejumlah menu, pilih Program. Lalu klik Microsoft Excel tunggu hingga
tampil layar Excel yang masih kosong. Microsoft Excel siap untuk digunakan.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian dari Microsoft Excel?
2. Bagaimana sejarah dari Microsoft Excel?
3. Fungsi dari Microsoft Excel dan Rumusnya?
4. Cara menulis rumus Microsoft Excel?
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel
atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet
yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk system operasi
Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan
pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang
agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program computer yang
popular digunakan di dalam computer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini
program ini merupakan programs spreadsheet paling banyak digunakan.
2.2 SEJARAH MICROSOFT EXCEL
Sejarah Excel dimulai pada tahun 1982, Microsoft
membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat
popular dalam system-sistem CP/M, tapi tidak dalam system MS-DOS mengingat di
sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft
memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan
Excel. Dengan tujuan seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, “do everything
1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih
baik lagi”.
Lembatang sebar atau Lembar lajur (Bahasa
Inggris: spreadsheet) adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan
baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk
melakukan analisa komparatif. Bentuk analisa dan perhitungan yang lain dapat
berupa analisa statistik, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule dan
lain sebagainya.
Software
spreadsheet merupakan aplikasi yang penting terutama untuk keperluan kantor.
Hampir semua program untuk aplikasi perkantoran menyertakan spreadsheet di
dalamnya, misalnya MS Excel (Microsoft Office), Lotus 1-2-3 (Lotus SmartSuite),
Quatro Pro (WordPerfect Office), Applixware Spreadsheet (Applixware), StarCalc
(StarOffice), KSpread (KOffice), Gnumeric (Gnome Office), dan Siag (Siag
Office). Selain itu ada beberapa program spreadsheet yang berdiri sendiri atau
tidak masuk ke dalam kelompok suatu aplikasi perkantoran, misalnya abs, Xxl,
Abacus, Maxwell's Lemur, GNU Oleo, sc (spreadsheet calculator), dll.
Versi
pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windowsnya
menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat
turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, pada tahun tersebut, Lotus
1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3
dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah
satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk computer pribadi yang
handal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai competitor yang sangat kuat
bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft dengan
menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun
sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel
2010 (excel 14) sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah
Excel for mac.
Pada
awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang
bergerak dalam bidang industry finansial yang telah menjual sebuah perangkat
lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri
tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel
menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.
Meskipun, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan Microsoft membeli excel dari
perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja
tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL
sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon
yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut
(meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari
preadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003)
adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi
defaultnya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama
memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi
Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak
keunggulan antar muka dika dibandingkan dengan program spreadsheet yang
mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak
spreadsheet yang terkenal pertama kali). Sel disusun dalam baris dan kolom,
serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau
referensi relative terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program
spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana
tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan
tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap
sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut
saja yang akan diperbarui nilainya (di mana program-program spreadsheet lainnya
akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari
pengguna).
Sejak tahun 1993, Excel telah
memiliki bahasa pemrograman Visual basic for Applicatons (VBA), yang dapat
menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan
juga menambahkan fungsi-fungsi yang datap didefinisikan oleh pengguna untuk
digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft
menambahkan sebuah integrated
development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel,
sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya.
Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk
menjadi macro, sehingga mampu
melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan
kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan
penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak
dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga
mengizinkan penggunaan teknikpemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang
disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang
sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai
menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski
terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan
macro dengan menonaktifkan
macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan
workbook, atau mempercayai macro yang
dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.
Dalam pertama kali dirilis, Excel
menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File
Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsft
merilis Office Sistem 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format
berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML
yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS),
yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML
yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis
BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga
mendukung format Comma Separated
Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF)
dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan
Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk
melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak
dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
1. WK1 (1-2-3)
2. WK4 (1-2-3)
3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
4. WKS (1-2-3)
5. WK3 (1-2-3)
6. WK1 FMT(1-2-3)
7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
9. DBF 2 (dBASE II)
10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
11. WK3,FM3(1-2-3)
12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
13. WK1, ALL(1-2-3)
14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
15. WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat
dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain :
1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
2. Microsoft Excel 2.1 Macro
3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
4. Microsoft Excel 3.0 Macro
5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
6. Microsoft Excel 4.0 Macro
7. Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95
Workbook
8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
9. DBF 3 (dBASE III)
10. DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
1. *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format
BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
2. *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
3. *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
4. *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum
Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat
tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
5. *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML.
Tidak dapat menyimpan macro VBA,
karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat
ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah
pengganti dari format .xls yang kuno.
6. *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi
dapat menyimpan macro VBA.
7. *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi
dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka
dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani
worksheet yang sangat
besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
8. *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
9. *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah
kemampuan Excel 12. Secara default mampu
menangani macro VBA,
mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
Ketika Microsoft Excel atau OpenOffice
Calc diaktifkan maka sebuah buku kerja (workbook) kosong akan terbuka, siap
untuk digunakan. Buku kerja baru tersebut terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet)
yang diwakili melalui tab lembar kerja (tab sheet) yang terletak di jendela
aplikasi paling bawah. Jumlah Sheet dalam tiap workbook dalam ditambah atau
dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, terdiri
dari 256 kolom dan 65536 baris. Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C,D ……,
sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,…. Sampai 65536. perpotongan antara
baris dan kolom disebut Cell. Cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris
pada lokasinya. Contohnya Cell C5 adalah perpotongan antara kolom C dan baris
5.
Agar dapat bekerja dengan Lembar sebar dengan lebih
efektif, maka harus mengerti terlebih dahulu tentang konsep yang digunakan
dalam lembar sebar yaitu: Konsep Workbook. Workbook merupakan kumpulan dari
sheet sedangkan lembar kerja yang terdapat dalam sheet disebut worksheet.
Agar lebih mudah dalam pemahaman, bayangkan saja
Workbook itu sebuah buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa
halaman untuk menulis. dapat menulis dihalaman 1 ( sheet 1 ), halaman 5 ( sheet
5 ), halaman 10 ( sheet 10 ) dan seterusnya. Bukunya disebut Workbook dan
halaman - halamannya disebut Sheet, dan halaman tempat menulis disebut dengan
Worksheet.
2.3 FUNGSI MICROSOFT EXCEL
1. Fungsi Statistik
Sum :
menghitung penjumlahan dalam satu range.
Average :
menghitung rata-rata dalam satu range.
Count :
menghitung banyak data dalam suatu range.
Max :
menghitung niai terbesar dalam suatu range.
Min :
menghitung nilai terkecil dalam suatu range.
2. Menggunakan Fungsi Tanggal dan Waktu
Fungsi Date dan Time digunakan untuk melakukan
pengolahan data berupa tanggal dan waktu. Untuk melihat kegunaan dari fungsi
tanggal dan waktu tersebut, anda dapat menggunakan formula sebagai berikut.
3. Fungsi Tanggal
=Date(Thn,Bln,Tgl) :
memasukkan tipe data tanggal.
=Day(Data Tanggal) :
menghasilkan angka seri tanggal untuk tipe data tanggal.
=Month(Data Tanggal) :
menghasilkan angka seri bulan untuk tipe data tanggal.
=Year(Data Tanggal) : menghasilkan angka seri tahun untuk tipe data tanggal.
=DateValue : mengkonversi string data tanggal ke tipe tanggal.
=Year(Data Tanggal) : menghasilkan angka seri tahun untuk tipe data tanggal.
=DateValue : mengkonversi string data tanggal ke tipe tanggal.
4. Fungsi Waktu
=Time(Jam,Menit,Detik) :
memasukkan data waktu.
=Hours(Data Waktu) :
menghasilkan angka seri jam tipe data waktu.
=Minute(Data Waktu) :
menghasilkan angka seri menit tipe data waktu.
=Second(Data Waktu) :
menghasilkan angka seri detik tipe data waktu.
=TimeValue(“Waktu”) :
mengkonversi string data waktu ke data waktu.
=Now( ) :
menghasilkan angka seri tanggal dan waktu kini.
=Today( ) :
menghasilkan angka seri tanggal saat ini.
5. Fungsi Teks
Left :
mengambil sejumlah karakter paling kiri dalam teks.
=Left(Teks, jumlah pengambilan dari kiri)
Right :
mengambil sejumlah karakter paling kanan dalam teks.
=Right(Teks, Jumlah pengambilan dari kanan)
Mid :
mengambil sejumlah karakter dari posisi tertentu.
=Mid(Teks, Posisi pengambilan awal, Jumlah
pengambilan)
Lower : mengubah
teks ke huruf kecil.
=Lower(Teks)
Upper : mengubah teks ke huruf besar.
Upper : mengubah teks ke huruf besar.
=Upper(Teks)
Proper : mengubah karakter pertama menjadi huruf besar dan karakter berikutnya kecil.
Proper : mengubah karakter pertama menjadi huruf besar dan karakter berikutnya kecil.
=Proper(Teks)
Value : mengubah nilai teks menjadi nilai numeric.
Value : mengubah nilai teks menjadi nilai numeric.
=Value(Nilai Teks)
Text :
mengubah nilai numeric menjadi nilai teks.
=Text(Nilai Numerik,Nilai Text)
Find :
mencari posisi huruf dari suatu teks.
=Find(Kriteria,Text,nilai pengambilan)
6. Ekspresi Atau Pernyataan Logika
Apabila ingin menggunakan fungsi logika, biasanya
diperlukan adanya ekspresi atau pernyataan logika. Untuk menggunakan ekspresi
atau pernyataan logika memerlukan salah satu operator relasi (operator
pembandingan) antara lain:
= Sama
dengan
< Lebih
kecil
> Lebih
besar
<= Lebih
kecil sama dengan
>= Lebih
besar sama dengan
<> Tidak
sama dengan
7. Melakukan operasi hitung dengan menggunakan operasi
logika.
Di dalam penulisannya operator logika dapat ditulis
seperti berikut:
=AND(logika 1, logika 2,..)
=AND(logika 1, logika 2,..)
Operator logika ini akan bernilai benar jika semua
syarat terpenuhi:
=OR(logika 1, logika 2,..)
=OR(logika 1, logika 2,..)
Operasi logika ini bernilai benar jika salah satu
syarat terpenuhi:
=NOT(logika 1)
=NOT(logika 1)
Operasi ini akan dijalankan bila syarat tidak
terpenuhi. Operasi ini adalah kebalikan dari operasi logika AND dan OR.
8. Fungsi pembacaan tabel
Fungsi pembacaan tabel (LOOKUP) ada 2 yaitu VLOOKUP
and HLOOKUP digunakan jika pembacaan table disusun secara Vertikal, HLOOKUP
digunakan jika pembacaan table disusun secara Horizontal.
2.4 RUMUS MICROSOFT EXCEL
Rumus
merupakan bagian terpenting dari program excel ini, karena setiap table dari
dokumen yang akan diketik selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Microsoft
excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat
numberik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat operator dasar matematika
dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan
sering digunakan dalam RUMUS MICROSOFT EXCEL adalah sebagai berikut :
NO.
|
OPERATOR
|
FUNGSI
|
CONTOH PENGGUNAAN
|
1
|
+ (ikon plus)
|
Penjumlahan
|
=A1+A2
|
2
|
- (ikon pengurangan)
|
Pengurangan
|
=A3-A4
|
3
|
* (ikon bintang)
|
Perkalian
|
=A5*A6
|
4
|
/ (ikon garis miring)
|
Pembagian
|
=A7/A8
|
5
|
^ (ikon caret)
|
Pangkat
|
=A9^2 (angka berapapun yang berada di
cell A9 akan dipangkat 2)
|
6
|
% (ikon persen)
|
Presentase
|
=A1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)
|
2.5 CARA MENULIS RUMUS EXCEL
Cara 1: menulis rumus dengan mengetikkan angka
langsung.
1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus
aka ditampilkan
2. Pada formula bar, ketikkan =500+350, lalu tekan
enter
Note: menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau
rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
Cara 2: menulis rumus dengan bantuan mouse
1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus
akan ditampilkan
2. Pada formula bar, ketika pilih dan klik sel C4
3. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5 lalu tekan
tombol enter.
Note: menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel
Note: menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel
Secara default
tampilan area kerja program MS Excel 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button,
Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar, Cotrol Window, Scroll Bar, Work Area, Name Box, Formula Bar.
1. Title Bar berisi nama file yang sedang
dikerjakan.
2. Office Button berisi
perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New),
membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak
dokumen (Print), dan sebagainya.
3. Quick Access Toolbar berisi
tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang
sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari Office
Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office
Button>Save.
4. Menu Bar berisi serangkaian perintah yang
didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada
menu Home terdapat submenu Clipboard, Slide, Font, Paragraph, Drawing,
dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
5. Ribbon berisi perintah-perintah khusus
yang merupakan submenu dari Menu Bar.
6. Ruler merupakan kotak pengukuran yang
diletakkan secara horizontal, yaitu diatas dokumen, dan secara vertikal, yaitu
di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan
pengaturan letak halaman.
7. Status Bar adalah baris
horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan
8. View Toolbar berisi
pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain:
9. Normal, memberikan tampilan secara normal
dengan bagian kiri thumbnail dan kanan isi slide
10. Slide Sorter, berisi thumbnail
11. Slide Show, memberikan
tampilan slide yang sedang di persentasikan
12. Control Window berisi tombol
perintah Minimize, Maximize, Restore, Close.
13. Scroll Bar digunakan untuk
menggulung halaman dokumen yang lebih dari satu.
14. Work Area merupakan area
kerja yang dibuat.
15. Name Box, tempat yang
memberikan informasi posisi cell terpilih.
16. Formula Bar, tempat yang
memberikan dan menulis formula.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk system operasi Microsoft
Windows dan Mac OS. Microsoft ini merupakan Microsoft paling penting bila
bekerja dengan hitung-menghitung. Karena bisa mempermudah kerja dan membuat
kerja lebih cepat selesai.
3.2 SARAN
Sebagai pekerja saat melakukan pekerjaan
lebih baik jika menggunakan Microsoft excel karena akan lebih membantu dan
lebih mudah menyeleseikan pekerjaan yang berhubungan dengan matematika.
=================================================================
Mungkin itu saja yang
dapat saya bagikan untuk pengunjung setia www.globalmakalah.blogspot.co.id .
www.globalmakalah.blogspot.co.id
tempat dimana gudangnya judul makalah.
Terima kasih.
Post a Comment