MAKALAH KERAJINAN TANGAN

Posted by GLOBAL MAKALAH

MAKALAH  KERAJINAN  TANGAN

Ada pula yang mengatakan bahwa pengertian kerajinan tangan adalah merupakan cabang dari karya seni yang mengutamakan ketrampilan tangan sebagai media dalam membuat benda-benda kerajinan. Kerajinan tangan dapat meliputi, pembuatan berbagai jenis kerajinan dari tanah liat atau seni keramik, membuat anyaman dari berbagai jenis bahan, seni dekorasi, seni melipat dan lainnya.



Beberapa orang juga mengartikan pengertian kerajinan tangan adalah membuat suatu barang yang dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan tangan, dan juga memiliki keindahan serta daya jual yang tinggi. Dalam membuat seni kerajinan tangan diperlukan beberapa tahap, yang pertama yaitu membuat rancangannya atau desain, mempersiapkan segala alat dan bahan yang dibutuhkan, membuat atau memproduksi barang yang sebelumnya sudah anda rancang dan setelah itu tahapan akhir atau finishing. Bahan dalam membuat kerajinan tangan terdiri dari dua jenis yaitu bahan keras dan bahan lunak.

Masing-masing bahan akan menghasilkan jenis atau macam kerajinan yang berbeda. Contoh fungsi hias dari kerajinan tangan yaitu kerajinan patung dan juga berbagai miniatur.


Jika anda minat file Makalah ini anda bisa download Makalahnya di Bawah Sini

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG

Indonesia menghasilkan banyak sampah dalam seharinya. Sampah tersebut menjadi polusi bagi rakyat Indonesia mulai dari sampah yang mudah hancur pada tanah dan ada juga yang susah hancur pada tanah, sampah inilah yang membuat polusi di Indonesia. Sampah-sampah itu berupa plastik,pipet,besi,dan baskom, botol air mineral dan masih banyak lagi.
Dari semua sampah tadi, kita bisa memilih botol plastik  sebagai bahan utama proses daur ulang menjadi barang yang berguna yaitu berupa lampu hias dari botol air mineral bekas. Dengan hasil pembuatan lampu  hias tersebut bisa kita buat dapat dimanfaatkan bagi kita semua, atau bisa juga kita buat dengan berbagai macam fungsinya seperti sebagai tempat menyimpan buku, pulpen, pensil, dan lain - lain

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah  botol air mineral bekas dapat dijadikan lampu hias?
2.      Bagaimana proses pembuatan lampu hias dari botol air mineral bekas?
3.      Apakah lampu hias dari botol air mineral bekas dapat dimanfaatkan?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui botol air mineral bekas dapat dijadikan lampu hias.
2.      Untuk mengetahui proses pembuatan lampu hias dari barang bekas.
3.      Untuk mengetahui lampu hias dari botol air mineral bekas dapat dimanfaatkan
4.      Memenuhi tugas mata pelajaran SBK di MTs Hidayatul Mustaqim.

D.    Manfaat Penulisan
1.      Dimanfaatkan anak sekolah sebagai lampu hias.
2.      Mengurangi dampak sampah produksi masyarakat.
3.      Untuk mengurangi produksi sampah di sekolah
4.      Menambah wawasan setiap masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki
5.      Turut serta dalam memajukan teknologi tepat guna di masyarakat
6.      Melatih kemampuan kita dalam membuat suatu karya ilmiah
7.      Melatih kita dalam mengembangkan tehnik menulis dengan  rapi & baik.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kerajinan Tangan
Merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.
Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang - barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan.
Arti yang lain ialah usaha yang berterusan penuh semangat ketekunan, kecekalan, kegigihan, dedikasi dan berdaya maju dalam melakukan sesuatu perkara
Kerajinan Tangan bisa disebut juga suatu kegiatan dalam menciptakan suatu bentuk produk yang dominan menggunakan tangan manusia, yang sangat minim dalam penggunaan mesin atau alat otomatis.Hal yang lumrah dalam pembuatan kerajinan tangan adalah mengangkat suatu nilai dari bahan atau barang yang tidak layak pakai (barang bekas), sehingga memiliki fungsi untuk kehidupan dan tentunya bernilai ekonomis. 
Dalam Kerajinan Tangan, kapasilampu hias produksi terukur dari jumlah orang yang terlibat didalamnya. Selain itu adanya pengaruh ketersedaan bahan baku utama dan pendukung, karena bahan bekas ketersediannya tidak bisa diprediksi, kecuali dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut menggunakan lebih banyak bahan baru.
Bahan yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan adalah bahan baru yang bisa kita beli di toko juga menggunakan barang bekas layak pakai, serta bahan yang melalui pendaurulangan.
Contoh bahan yang biasa digunakan adalah :
  1. Kain : Flanel, Kain Perca
  2. Benang : Benang jahit, benang Wol
  3. Sedotan
  4. Kerlampu hias : Kerlampu hias Samson, Kerlampu hias Koran, Kerlampu hias Daur Ulang, Kerlampu hias Kardus, Hardbot, dll
  5. Botol Bekas
  6. Kayu Baru / Kayu Sisa, Triplek
  7. Bambu
  8. Spare Part Kendaraan Bekas
  9. Neon Bekas
  10. Kaca Bekas
  11. Daun dan Bungan Kering
  12. Pasir Laut
  13. Kaleng Bekas
  14. Besi : Besi Begel, Besi Plat, Besi Pipa, Besi Bekas lainnya
  15. Tanah Liat
  16. Plastik : Kantong Kresek, Bungkus Kopi, Botol, dan bentuk kemasan plastik lainnya
Dalam membuat kerajinan tangan tentunya dibutuhkan jiwa seni dan kreatifilampu hias yang tinggi.Pemahaman terhadap peluang usaha ini tidaklah mudah, tetapi juga bukanlah hal yang rumit.Kuncinya kita harus memiliki kemauan yang tinggi dan bersungguh-sungguh. 
Mengubah barang bekas menjadi barang yang berguna merupakan peluang yang sangat besar.Saat ini bisa kita lihat bermunculan pengusaha barang bekas yang tentunya bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Apalagi dengan sentuhan kreatifilampu hias pastinya akan menciptakan nilai yang jauh lebih besar lagi. Semoga saja nantinya lebih banyak generasi muda kreatif yang mampu menyulap barang bekas menjadi suatu produk yang memiliki nilai yang tinggi melalui usaha kerajinan tangan. Potensi ini selain mendatangkan income secara pribadi tetapi akan mampu menghidupi orang banyak yang terlibat didalamnya, juga akan mampu mengangkat potensi pariwisata Indonesia.

B. LAMPU HIAS KAMAR DARI BOTOL PLASTIK BEKAS
Untuk kita semua yang berkeinginan ingin menghiasi kamar dengan lampu hias yang cantik dari hasil kerajinan tangan, kita bisa mencontoh dari 3 contoh karya seni kerajinan tangan berikut yang pastinya bakal mempercantik ruang kamar kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, dan dapat juga digunakan untuk produk kerajinan tangan untuk dijual dan menghasilkan uang, berikut ini langkah dan cara membuatnya, silahkan ikuti tata cara pembuatan yang sudah saya sertakan, terimakasih dan selamat membuat......!
Description: jadi3
Karya Seni 1: MEMBUAT KAP LAMPU CANTIK DARI BAHAN BEKAS –
Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita,dapat kita buat menjadi kap lampu cantik bernuansa etnik.
Sebelum mulai membuat persiapkan dulu alat dan bahannya.
Alat dan bahan:
  • pisau cutter
  • lem (lem pralon /lem tembak)
  • botol air mineral (yang ukurannya sama)
  • sisa potongan kain batik(kain perca)
  • kabel
·         fiting
·         lampu
Cara membuatnya:  Ambil dua buah botol air mineral bekas, bersihkan botol air mineral, sekalian buang bungkus mereknya. Potong bagian alampu hias dan bagian bawah botol tersebut, kedua-duanya.
Setelah terpotong, ambil bagian tengah dari kedua buah botol tersebut dan rapikan potongannya. Rekatkan keduanya dengan lem sampai benar-benar kuat, seperti tampak pada gambar. Setelah terekat kuat, olesi permukaan luar botol dengan lem, ambil kain batik (perca) lalu tempelkan ke seluruh permukaan luar botol, biarkan sebentar sampai lem benar-benar kering. Tutup bagian alampu hiasnya dengan sisa potongan kain batik, lalu rapikan.
Setelah kap selesai,sekarang tinggal memasang lampu beserta dudukannya. 
Caranya: Ambil fiting pasangkan kabelnya, lalu pasangkan pada dudukannya, kencangkan dengan baut. Ambil lampu bohlam, sekrupkan pada fiting lalu tutup dengan kap yang telah dibuat tadi, kencangkan dengan sekrup kecil.selesai. Lampu ini cocok di letakkan di alampu hias meja, di tempel di dinding,atau ditempel di pilar kayu bernuansa etnik, dengan sedikit penyesuaian tentunya.

Karya Seni 2: Cara Membuat Lampu dari Botol Bekas 

Kita semua tahu bukan kalau bumi semakin lama semakin tercemar? Orang pun mulai berpikir bagaimana menciptakan kerajinan tangan yang ramah lingkungan alias hasil daur ulang. Ada banyak sekali bahan daur ulang yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan, contohnya kardus, koran, plastik makanan, hingga botol plastik. Nah botol plastik ternyata bisa disulap menjadi lampu kamar yang cantik dan unik.

Description: Cara+Membuat+Kerajinan+Tangan+Lampu+Hias+Kamar+Dari+Botol+Plastik+Bekas
Sebelum memulai membuat kreasi dari botol plastik, bahan dan alat yang kita perlukan saat membuat lampu botol adalah:
1. Botol plastik bekas yang sudah dibersihkan (bentuknya sesuai selera)
2. Kabel listrik
3. Lampu kecil (lampu cabai dan cupnya)
4. Cutter
5. Lem plastik
6. Cat semprot

Jika alat dan bahan sudah kita siapkan, langkah berikutnya adalah:
§  Potong bagian bawah botol plastik mengikuti bentuknya memakai cutter. Jika bentuknya bergelombang, maka ikuti saja bentuknya.
§  Lubangi bagian tengah bawah botol plastik yang sudah dipotong, untuk lubang kabel. Buat juga lubang di bagian tutup botol.
§  Rekatkan bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong ke bagian tutup botolnya memakia lem. Sesuai letaknya dengan lubat yang sudah di buat di tutup botol 
§  Setelah sambungan kering dan kuat, kita bisa mewarna botol plastik dengan cat semprot dalam kemasan kaleng (contoh merek Pylox) atau dengan car minyak yang disemprotkan dengan semprotan nyamuk secara tipis-tipis (jangan terlalu tebal supaya cahaya lampu menimbulkan kesan remang-remang)
§  Bila cat sudah kering, pasangkan lampu dan kabelnya. Rekatkan cup lampu dengan memakai lem pada bagian tutup botol supaya lebih kuat
§  Tambah beberapa ornamen atau hiasan sesuai selera kalian untuk mempercantik lampu botol bekas ini
·         Selain memakai botol plastik, kalian juga bisa menggantikannya dengan botol kaca bekas. Oh ya, sudah siap melestarikan lingkungan mulai dari hal kreatif ini? Selamat mencoba membuat kreasi lampu botol daur ulang!
Karya Seni 3: Cara Membuat Lampu Hias Dari Botol Plastik Bekas
Pada kerajinan tangan membuat karya seni berupa lampu hias dari botol plastik terakhir, kita akan membuat lampu hias dengan bentuk paling mudah dan sederhana, dimana peralatan yang dibutuhkan berupa: botol plastik bekas secukupnya, gunting, atau pisau, staples, peralatan lampu (lampu, kabel).

Cara membuat: Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan: pisau, botol plastik bening, dan staples.
Description: http://2.bp.blogspot.com/-kxcp4j8qR3Q/U-zDem0na3I/AAAAAAAABqQ/C0q8ns0iu84/s1600/karya+seni.mp4_000031164.jpg







Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam botol yang akan digunakan dengan menggunakan air bersih, label yang masih melekat dihilangkan.
Description: karya+seni
 potong semua botol menjadi dua bagian tepat pada posisi tengah
Description: karya+seni
kemudian rekatkan masih-masing bagian botol yang sudah dipotong dengan menggunakan staples, lakukan hal ini secara terus menerus sampai botol berbentuk melingkar.
Description: karya+seni
Description: karya+seni
 Apabila bentuk botol yang disatukan sudah berbentuk melingkar, maka tempatkan lampu didalamnya, kita bisa memberikan lampu hias dengan berbagai warna sesuka hati kita.
Description: karya+seni
karya seni
dan pada tahap akhir, gantung lampu hias yang telah kita buat dan lampu siap untuk dinyalakan.
Description: karya+seni
Description: karya+seni
Lampu hias dari botol plastik
Cantik bukan ke tiga karya seni lampu hias dari botol plastik dialampu hias.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Dalam membuat kerajinan tangan tentunya dibutuhkan jiwa seni dan kreatif, lampu hias yang tinggi.Pemahaman terhadap peluang usaha ini tidaklah mudah, tetapi juga bukanlah hal yang rumit.Kuncinya kita harus memiliki kemauan yang tinggi dan bersungguh-sungguh. 
Mengubah barang bekas menjadi barang yang berguna merupakan peluang yang sangat besar.Saat ini bisa kita lihat bermunculan pengusaha barang bekas yang tentunya bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Apalagi dengan sentuhan kreatif lampu hias pastinya akan menciptakan nilai yang jauh lebih besar lagi.
Semoga saja nantinya lebih banyak generasi muda kreatif yang mampu menyulap barang bekas menjadi suatu produk yang memiliki nilai yang tinggi melalui usaha kerajinan tangan. Potensi ini selain mendatangkan income secara pribadi tetapi akan mampu menghidupi orang banyak yang terlibat didalamnya, juga akan mampu mengangkat ekonomi bagi rakyat Indonesia.


DAFTAR PUSTAKA

http://zhahab.blogspot.com/2014/10/kreasi-sederhana-cara-membuat-tempat.html



Related Post



Post a Comment