MAKALAH
PERKEMBANGAN
PENDIDIKAN ISLAM
PADA
MASA KHULAFAURROSYIDIN
==================================================================
Keterangan :
untuk mendownload file Makalah ini anda bisa mendownload di bawah ini :
==================================================================
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahiim
Ya Allah, hamba memuji-Mu karena Engkaulah
yang menciptakan kami, namu pujian kami jauh dari sempurna karena Engkau Dzat
sebaik-baik pemuji, juga karena hidayah dan inayah-Mu, penyusun dapat
menyelesaikan tugas makalah ini, Alhamdulillah.
Shalawat serta salam semoga tetap
tersanjungkan kepada sang kekasih dan pemberi syafaat Nabi muhammad SAW, semoga
kita mendapat syaf]aat beliau berkat kita ihya ulumihi. Amin yaa robbal
alamin.
Pembuatan makalah ini berisikan tentang
Perkembangan Islam pada Masa Khulafaurrosyidin. Terimakasih penyusun haturkan
kepada yang terhormat Bpk, dr. Ismail .teriring doa jaakumullah khoiron
katsiro. Amin.
Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan-kekurangan
dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, kritik, dan saran, serta arahan
yang penulis butuhkan dari pembaca yang sifatnya membangun.
Akhir kata, kami sampaikan kepada semua pihak
yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.
Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala urusan kita. Amin.
Indramayu, Oktober 2018
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR
ISI ........................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................... 1
A. Latar
Belakang Masalah.............................................................. 1
B. Rumusan
Masalah....................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan......................................................................... 2
D. Metode
Penulisan ....................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN...................................................................... 3
A. Pengertian
Khulafaurrosyidin..................................................... 3
B. Empat
Khalifah Sahabat Nabi.................................................... 3
1. Khalifah
Abu Bakar As-Siddiq (632-634 M )..................... 3
2. Khalifah
Umar Bin-Khatab ( 634-644 M ).......................... 5
3. Khalifah
Usman Bin Affan ( 644-656 M ) ......................... 8
4. Khalifah
Ali Bin Abi Thalib ( 656-661 M )......................... 9
BAB
III PENUTUP .......................................................................... .. 11
A. Kesimpulan
................................................................................ 11
B. Saran
.......................................................................................... 12
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pengalaman masa lalu atau Sejarah merupakan
suatu rujukan yang sangat penting saat kita akan membangun masa depan. Sekaitan
dengan itu kita bisa tahu apa dan bagaimana perkembangan islam pada masa
lampau. Namun, kadang kita sebagai umat islam malas untuk melihat sejarah.
Sehingga kita cenderung berjalan tanpa tujuan dan mungkin mengulangi kesalahan
yang pernah ada dimasa lalu. Disnilah sejarah berfungsi sebagai cerminan bahwa
dimasa silam telah terjadi sebuah kisah yang patut kita pelajari untuk
merancang serta merencanakan matang-matang untuk masa depan yang lebih cemerlang
tanpa tergoyahkan dengan kekuatan apa pun.
Perkembangan Islam pada Para Sahabat zaman
para sahabat, terkhusus pada zaman Khalifah empat atau yang lebih terkenal
dengan sebutan Khulafaur Rasyidin, Islam berkembang dengan pesat dimana hampir
2/3 bumi yang kita huni ini hampir dipegang dan dikendalikan oleh Islam. Hal
itu tentunya tidak terlepas dari para pejuang yang sangat gigih dalam
mempertahankan dan juga dalam menyebarkan islam sebagai agama Tauhid yang
diridhoi. Perkembangan islam pada zaman inilah merupakan titik tolak perubahan
peradaban kearah yang lebih maju. Maka tidak heran para sejarawan mencatat
bahwa islam pada zaman Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin merupakan islam
yang luar biasa pengaruhnya. Namun yang terkadang menjadi pertanyaan adalah kenapa
pada zaman sekarang ini seolah kita melupakannya. Sekaitan dengan itu perlu
kiranya kita melihat kembali dan mengkaji kembali bagaimana sejarah islam yang
sebenarnya.
B.
Perumusan
Masalah
Agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam
penyusunan makalah ini, maka saya merumuskan masalah sebagai berikut :
a. Pengertian
Khulafaur Rasyidin
b. Kepemimpinan
Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
c. Kepemimpinan
Khalifah Umar Bin Khottob
d. Kepemimpinan
Khalifah Utsman Bin Affan
e. Kepemimpinan
Khalifah Ali Bin Abi Thalib
C.
Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam membahas
masalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana :
a. Rasulullah
SAW Membangun Masyarakat Islam di Madinah
b. Pengertian
Khulafaur Rasyidin
c. Kepemimpinan
Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
d. Kepemimpinan
Khalifah Umar bin Khottob
e. Kepemimpinan
Khalifah Utsman bin Affan
f. Kepemimpinan
Khalifah Ali Bin abi Thalib
D.
Metode
Penulisan
Metode yang digunakan penulis adalah metode
kepustakaan yaitu memberikan gambaran tentang materi-materi yang berhubungan
dengan permasalahan melalui kitab dan media massa/internet.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Khulafaur Rasyidin
Khulafaur Rasyidin atau Khulafa ar-Rasyidun
adalah wakil-wakil atau khalifah-khalifah yang benar atau lurus. Mereka adalah
waris kepemimpinan Rasulullah selepas kewafatan junjungan kita Nabi Muhammad
SAW. Para tokoh ini merupakan orang-orang yang arif bijaksana, jujur dan adil
dalam memberikan keputusan dan menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam
masyarakat. Pada saat perlantikan mereka dibuat secara syura yaitu perbincangan
para sahabat atau pilihan khalifah sebelum. Selepas pemerintahan ini, kerajaan
Islam diganti oleh kerajaan Ummaiyyah.
Khalifah adalah pemimpin yang diangkat
sesudah nabi Muhammad SAW wafat untuk menggantikan beliau melanjutkan
tugas-tugas sebagai pemimpin agama dan kepala pemerintahan.
Adapun Khulafaur Rasyidin dalam sejarah islam
yang dimaksud terdiri daripada empat orang sahabat sebagai berikut:
a. Saidina
Abu Bakar ( 632-634 M )
b. Saidina
Umar bin Khatab ( 634-644 M )
c. Saidina
Uthman bin Affan ( 644-656 M )
d. Saidina
Ali bin Abi Talib ( 656-661 M )
B.
Empat
Khalifah Sahahabat Nabi
Keempat khalifah diatas bukan saja berhasil
dalam melanjutkan risalah islam dan menegakkan tauhid, tetapi juga
menyebarluaskan ke seluruh penjuru alam ini.
1.
Khalifah
Abu Bakar As-Siddiq (632-634 M )
Setelah nabi wafat, sebagai pemimpin umat
islam adalah Abu Bakar As-Siddik sebagai kholifah. Kholifah adalah pemimpin
yang diangkat setelah nabi wafat untuk menggantikan nabi dan melanjutkan
tugas-tugas sebagai pemimpin agama dan pemerintah.
a. Menjadi
Khalifah Pertama
Semasa Rasulullah SAW sedang sakit tenat,
baginda mengarahkan supaya Saidina Abu Bakar mengimamkan solat orang Islam.
Selepas kewafatan Nabi Muhammad SAW., sebuah majlis yang dihadiri oleh golongan
Ansar dan Muhajirin ditubuhkan untuk melantik seorang khalifah bagi memimpin
umat Islam. Hasil dari perjumpaan itu, Saidina Abu Bakar dilantik dan menjadi
khalifah pertama umat Islam.
Perlantikan Saidina Abu Bakar mendapat
tentangan daripada beberapa orang yang ingin melantik Saidina Ali Abi Talib
sebagai khalifah kerana Saidina Ali merupakan menantu dan anak saudara
Rasulullah SAW. Golongan Syiah yang merupakan golongan daripada keluarga Bani
Hashim menentang perlantikan Saidina Abu Bakar. Tentangan itu tamat selepas
Sayyidina Ali Abi Talib membaihkan Saidina Abu Bakar. Ada pendapat mengatakan
bahawa Saidina Ali bin Abi Talib hanya membaihkan Saidina Abu Bakar selepas
enam bulan.
b. Ekspedisi
ke Utara
Selepas berjaya mengurangkan golongan riddah,
Syaidina Abu Bakar mula menghantar panglima-panglima perang Islam ke utara
untuk memerangi Byzantine (Rom Timur) dan Empayar Parsi. Khalid Al-Walid
berjaya menawan Iraq dalam hanya satu kempen ketenteraan. Beliau juga menempuh
kejayaan dalam beberapa ekspedisi ke Syria. Menurut seorang orientalis Barat,
kempen Saidina Abu Bakar hanyalah sebuah lanjutan daripada Perang Riddah. Hal
ini jelas salah memandangkan kebanyakan golongan riddah terletak di selatan
Semenanjung Arab dan bukannya di utara.
c. Pengumpulan
Al-Quran
Menurut ahli sejarah Islam, selepas Perang
Riddah ramai orang yang mahir menghafaz Al Quran terbunuh. Saidina Umar
Al-Khatab (khalifah yang berikutnya) meminta Saidina Abu Bakar untuk mula
menjalankan aktviti pengumpulan semula ayat-ayat Al Quran. Saidina Uthman Affan
kemudiannya melengkapkan aktiviti pengumpulan Al Quran semasa beliau menjadi
khalifah.
d. Kewafatan
Saidina Abu Bakar As-Siddiq
Saidina Abu Bakar wafat pada 23 Agustuss 634
di Madinah yaitu dua tahun selepas menjadi khalifah. Ada dua pendapat mengenai
sebab kematian Saidina Abu Bakar. Ada yang mengatakan disebabkan keracunan dan
ada pula yang mengatakan Saidina Abu Bakar meninggal dunia secara biasa.
Sebelum kewafatannya, Saidina Abu Bakar mengesa masyarakat menerima Saidina Umar
Al-Khatab sebagai khalifah yang baru. Saidina Abu Bakar dikebumikan di sebelah
makam Nabi Muhammad s.a.w. di Masjid an-Nabawi yang terletak di Madinah.
e. Sumbangan
Saidina Abu Bakar
Saidina Abu Bakar walaupun hanya memerintah
selama dua tahun (632-634), tetapi beliau banyak menyumbang terhadap
perkembangan Islam. Beliau berjaya menumpaskan golongan Riddah yang ada
diantaranya murtad dan ada diantaranya mengaku sebagai nabi. Beliau juga mula
mengumpulkan ayat-ayat Al Quran dan beliau juga berjaya meluaskan pengaruh
Islam.
Kekuasaan yang dijalankan pada massa khalifah
Abu Bakar, sebagaimana pada masa Rasululllah, bersifat sentral; kekuasaan
legislatif, eksekutif, dan yudikatif terpusat ditangan Khalifah. Selain
menjalankan roda pemerintahan, khalifah juga melaksanakan hukum,. Meskipun
demikian, seperti juga Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar selalu mengajak sahabat-sahabatnya
bermusyawarah.
2.
Khalifah
Umar Bin-Khatab ( 634-644 M )
Setelah Abu Bakar menunjuk penggantinya yaitu
Umar Bin Khattab, yang tujuannya adalah untuk mencegah supaya tidak terjadi
perselisihan dan perpecahan dikalangan umat islam.
Pada masa umar bin Khattab, kondisi politik dalam keadaan stabil, usaha perluasan wilayah islam pemperoleh hasil yang gemilang. Wilayah islam pada masa umar bin Khattab meliputi Semenanjung Arabiah, Palestina, Syria, Irak, Persia dan Mesir.
Pada masa umar bin Khattab, kondisi politik dalam keadaan stabil, usaha perluasan wilayah islam pemperoleh hasil yang gemilang. Wilayah islam pada masa umar bin Khattab meliputi Semenanjung Arabiah, Palestina, Syria, Irak, Persia dan Mesir.
Dengan meluasnya wilayah Islam mengakibatkan
meluas pula kehidupan dalam segala bidang. Untuk memenuhi kebutuhan ini
diperlukan manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian, sehingga dalam hal
ini diperlukan pendidikan.
Pada masa Kholifah Umar Bin Khattab,
sahabat-sahabat yang sangat berpengaruh tidak diperbolehkan untuk keluar daerah
kecuali atas izin dari Kholifah dan dalam waktu yang terbatas. Jadi, kalau ada
diantara umat Islam yang ingin belajar hadis harus pergi ke madinah, ini
berarti bahwa penyebaran ilmu dan pengetahuan para sahabat dan tempat
pendidikan adalah berpusat di Madinah.
a.
Pemerintahan
Sayyidina Umar
Semasa pemerintah Saidina Umar, Empayar Islam
berkembang dengan pesat; menawan Mesopotamia dan sebahagian kawasan Parsi
daripada Empayar Parsi (berjaya menamatkan Empayar Parsi), dan menawan Mesir,
Palestin, Syria, Afrika Utara, dan Armenia daripada Byzantine (Rom Timur). Ada
diantara pertempuran ini menunjukkan ketangkasan tentera Islam seperti Perang
Yarmuk yang menyaksikan tentera Islam yang berjumlah 40,000 orang menumpaskan
tentera Byzantine yang berjumlah 120,000 orang. Hal ini mengakhiri pemerintahan
Byzantine di selatan Asia Kecil.
Pada tahun 637, selepas pengempungan
Baitulmaqdis yang agak lama, tentera Islam berjaya menakluk kota tersebut.
Paderi besar Baitulmuqaddis yaitu Sophronius menyerahkan kunci kota itu kepada
Saidina Umar. Beliau kemudiannya mengajak Saidina Umar supaya bersembahyang di
dalam gereja besar Kristian yaitu gereja Church of the Holy Sepulchre. Saidina
Umar menolak dan sebaliknya menunaikan solat tidak beberapa jauh daripada
gereja tersebut kerana tidak ingin mencemarkan status gereja tersebut sebagai
pusat keagamaan Kristian. 50 tahun kemudian, sebuah masjid yang digelar Masjid
Umar dibina di tempat Saidina Umar menunaikan solat.
Saidina Umar banyak melakukan reformasi
terhadap sistem pemerintahan Islam seperti menubuhkan pentadbiran baru di
kawasan yang baru ditakluk dan melantik panglima-panglima perang yang
berkebolehan. Semasa pemerintahannya juga kota Basra dan Kufah dibina. Saidina
Umar juga amat dikenali kerana kehidupannya yang sederhana.
b.
Wafatnya
Sayyidina Umar
Saidina Umar wafat pada tahun 644 selepas
dibunuh oleh seorang hamba Parsi yang bernama Abu Lu’lu’ah. Abu Lu’lu’ah
menikam Saidina Umar kerana menyimpan dendam terhadap Saidina Umar. Dia menikam
Saidina Umar sebanyak enam kali sewaktu Saidina Umar menjadi imam di Masjid
al-Nabawi, Madinah.
Saidina Umar meninggal dunia dua hari
kemudian dan dikebumikan di sebelah makam Nabi Muhammad SAW dan makam Saidina
Abu Bakar. Selepas kematiannya lalu Saidina Utsman bin Affan dilantik menjadi
khalifah.
Diantara perkembangan yang ada pada masa
Khalifah Umar adalah :
Ø Pemberlakuan
Ijtihad
Ø Menghapuskan
zakat bagi para muallaf
Ø Menghapuskan
hukum mut’ah
Ø Lahirnya
ilmu Qira’at
Ø Penyebaran
Ilmu Hadits
Ø Menempa
mata uang dan
Ø menciptakan
tahun Hijriah
3.
Khalifah
Usman Bin Affan ( 644-656 M )
Usman Bin Affan adalah termasuk saudagar
besar dan kaya dan sangat pemurah menafkahkan kekayaannya untuk kepentingan
umat islam. Usman dianggap menjadi Kholifah hasil dari pemilihan panitia enam
yang ditunjuk oleh Kholifah Umar bin Khattab menjelang beliau akan
meninggal.
Pada masa Kholifah Usman bin Affan,
pelaksanaan pendidikan islam tidak jauh berbeda dengan masa sebelumnya.
Pendidikan di masa ini hanya melanjutkan apa yang telah ada, namun hanya
sedikit terjadi perubahan yang mewarnai pendidikan islam. Para sahabat yang
berpengaruh dan dekat dengan Rasullullah yang tidak diperbolehkan meninggalkan
madinah dimasa Umar, diberikan kelonggaran untuk keluar dan menetap di
daerah-daerah yang mereka sukai. Kebijakan ini sangat besar pengaruhnya bagi
pelaksanaan pendidikan di daerah-daerah.
Proses pelaksanaan pola pendidikan pada masa
Usman ini lebih ringan dan lebih mudah di jangkau oleh peserta didik yang ingin
menuntut dan belajar islam dan dari segi pusat pendidikan juga lebih banyak,
sebab pada masa ini para sahabat bias memilih tempat mereka inginkan untuk
memberikan pendidikan pada masyarakat.
Kholifah Usman sudah merasa cukup dengan
pendidikan yang sudah berjalan, namun begitu ada satu usaha yang cemerlang yang
telah terjadi di masa ini yang berpengaruh luar biasa bagi pendidikan islam,
yaitu untuk mengumpulkan tulisan ayat-ayat Al-Qur’an. Berdasarkan hal-hal ini,
Kholifah Usman memerintahkan kepada tim untuk menyalin tersebut, ada pun tim
tersebut adalah : Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Zaid bin Ash, dan
Abdurrahman bin Harist.
Saidina Usman menjadi khalifah selepas
Saidina Umar bin Khatab dibunuh pada tahun 644. Beliau memerintah selama dua
belas tahun iaitu dari tahun 644 sehingga tahun 656. Antara pembaharuan yang
dibuat ialah menubuhkan Angkatan Tentera Laut yang diketuai oleh Muawiyah dan
membuat dasar terbuka dalam hubungan politik dan urusan dagangan Semasa
pemerintahannya, keseluruhan Iran, sebahagian daripada Afrika Utara, dan Cyprus
menjadi sebahagian daripada empayar Islam. Saidina Uthman wafat pada tahun 656
akibat dibunuh oleh pemberontak yang tidak puas hati dengan
pemerintahannya.
Diantara perkembangan yang ada pada masa
Khalifah Ustman adalah :
Ø Penaskahan
Al-Qur’an
Ø Perluasan
Masjid Nabawi dan Masjidil Haram
Ø Didirikannya
masjid Al-Atiq di utara benteng Babylon
Ø Membangun
Pengadilan
Ø Membentuk
Angkatan Laut
Ø Membentuk
Departemen
4.
Khalifah
Ali Bin Abi Thalib ( 656-661 M )
Pada tahun 656 masihi, khalifah Ali bin Abi
Thalib, Islam yaitu Saidina Uthman bin Affan wafat kerana dibunuh di dalam
rumahnya sendiri. Segelintir masyarakat kemudiannya mencadangkan Saidina Ali
supaya menjadi khalifah tetapi Saidina Ali menolak. Selepas didesak oleh
pengikutnya, beliau akhirnya menerima untuk menjadi khalifah.
Ali adalah Kholifah yang keempat setelah
Usman bin Affan. Pada pemerintahannya sudah diguncang peperangan dengan Aisyah
beserta Talhah dan Abdullah bin Zubair karena kesalahpahaman dalam menyikapi
pembunuhan terhadap usman, peperangan di antara mereka disebut perang Jamal
(unta) karena Aisyah menggunakan kendaraan unta. Setelah berhasil mengatasi
pemberontakan Aisyah, muncul pemberontakan lain, sehingga masa kekuasaan
Kholifah Ali tidak pernah mendapatkan ketenangan dan kedamaian.
Muawiah sebagai gubernur Damaskus memberontak
untuk menggulingkan kekuasaannya. Perang ini disebut dengan perang Siffin,
karena terjadi di Siffin. Ketika tentara muawiyah terdesak oleh pasukan Ali,
maka Muawiyah segera mengambil siasat untuk menyatakan tahkim (penyelesaian
dengan adil dan damai). Semula Ali menolak, tetapi karena desakan sebagian tentara
akhirnya Ali menerimanya, namun Tahkim malah menimbulkan kekacauan, sebab
muawiyah bersifat curang, sebab dengan Tahtim Muawiyah berhasil mengalahkan Ali
dan mendirikan pemerintahan tandingan di Damaskus. Sementara itu, sebagian
tentara yang menentang keputusan Ali dengan cara Tahkim, meninggalkan Ali dan
membuat kelompok tersendiri yaitu Khawarij.
Diantara perkembangan yang ada pada masa
Khalifah Ali adalah :
Ø Terciptanya
ilmu bahasa/nahwu (Aqidah nahwiyah)
Ø Berkembangnya
ilmu Khatt al-Qur’an
Ø Berkembangnya
Sastra
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari beberapa pembahasan mengenai pertumbuhan
dan Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin diatas maka dapat diambil
beberapa kesimpulan yang diantaranya :
1. Khulafa
ar-Rasyidin atau Khulafa ar-Rasyidun (jamak kepada Khalifatur Rasyid) berarti
wakil-wakil atau khalifah-khalifah yang benar atau lurus Adapun maksudnya
disini adalah empat Khalifah Shahabat Nabi yaitu Abu Bakar, Umar, Utsman dan
Ali ra
2. Pada
Masa pemerintahan Abu Bakar Islam berkembang dengan melalui penyebaran langsung
ketempat dimana belum ada penduduk yang beragama Islam. Pada masa ini pula
Al-quran dikumpulkan dan ini pula merupakan jasa pemerintahan pada zaman
beliau
3. Pada
Masa Umar (Masa Penguatan Pondasi Islam), Utsman ( Masa Pembukuan Al-quran) dan
Ali, Islam sudah sangat tersebar luas diwilayah wilayah selain diwilayah
jazirah arab itu sendiri. Dimana pada masa beliau beliau adalah merupakan
tindak lanjut dari proses penyebaran Islam sebelumnya.
4. Adapun
kronologis khulafaurrasyidin adalah sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW sampai
dengan masa khalifah Ali bin Abi Thalib dengan berbagai macam rentetan
peristiwa yang terjadi pada setiap masanya.
Sehingga dari berbagai macam analisis kesimpulan diatas
bisa dikatakan bahwa Islam berkembang pada masa Khulafaur Rasyidin adalah
melalui beberapa aspek pendekatan yang diantaranya adalah pendekatan da’wah
yang meliputi da’wah dengan lisan (diplomasi) dan juga perbuatan
(pertempuran).
B.
SARAN
Adapun saran yang bisa penulis berikan :
Adapun saran yang bisa penulis berikan :
1. Kepada
semua pembaca bila mendapat kekeliruan dalam makalah ini harap bisa meluruskannya
2. Untuk
supaya bisa membaca kembali literatur-literatur yang berkenaan dengan
pembahasan ini sehingga diharapkan akan bisa lebih menyempurnakan kembali
pembahasan materi dalam makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Dr. Badri Yatim, M.A, Sejarah Peradaban Islam
“Dirasah Islamiyah”, PT.Raja Grapindo Persada, Jakarta, 2007.
Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M. Ag. Sejarah Pendidikan
Islam: Menelusuri Jejak
Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia,
Prenada Media Group, Jakarta, 1999.
Nasution, Harun : Filsafat Pendidikan Islam
1982 Jakarta.
Sejarah Peradaban Islam, Buku Panduan
Madrasah Aliyah Kelas XII
file:///C:/Users/UDIN/Documents/pertumbuhan-islam-masa-nabi.htm
Post a Comment