MAKALAH TRANSCULTURAL NURSING SUKU ASMAT

Posted by GLOBAL MAKALAH

Keterangan :
untuk download makalah ini anda bisa sedot di link di bawah :

------------------------------------------------------------------------

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Latar belakang dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Keperawatan Dasar ( IKD ).Masyarakat pada umumnya selalu mengikuti kebudayaan dan adat istiadat yang sejak dulu telah dibentuk demi mempertahankan hidup dirinya sendiri ataupun kelangsungan hidup suku mereka. Kebudayaan sendiri berasal dari kata budaya (budi dan daya) yakni sikap hidup yang khas dari sekelompok individu yang dipelajarinya secara turun temurun. Tetapi sikap hidup ini terkadang malah mengundang risiko bagi timbulnya suatu penyakit.Hubungan antara budaya dan kesehatan  sangatlah erat. Kebudayaan atau kultur dapat membentuk kebiasaan dan respons terhadap kesehatan dan penyakit dalam segala masyarakat tanpa memandang tingkatannya.
Papua merupakan salah satu daerah yang masih sangat memprihatinkan dilihat dari segi kesehatan. Provinsi yang sering kali dianggap sebelah mata oleh orang-orang karena anggapan mereka masyarakat papua masih primitif. Namun di balik anggapan primitif itu, masyaratakat papua merupakan salah satu masyarakat yang masih memegang teguh budayanya, budaya asli Indonesia yang belum tercemar oleh pengaruh dari negara-negara barat.
Oleh karena itu, menjadi seorang perawat bukanlah tugas yang mudah. Perawat terus ditantang oleh perubahan-perubahan yang ada, baik dari lingkungan maupun klien. Dari segi lingkungan perawat dipertemukan dengan globalisasi. Sebuah globalisasi sangat mempengaruhi perubahan dunia, khususnya di bidang kesehatan. Terjadinya perpindahan penduduk menuntut perawat agar dapat menyesuaikan diri dengan perbedaan budaya.semakin banyak terjadinya perpindahan penduduk, semakin beragam pula budaya di suatu negara. Tuntutan itulah yang memaksa perawat agar dapat melakukan asuhan perawat bersifat fleksibel di lingkungan yang tepat.

Peran perawat sangat komprehensif dalam menangani klien karena peran perawat adalah memenuhi kebutuhan biologis, sosiologis, psikologis, dan spiritual klien. Namun peran spiritual ini sering kalidiabaikan oleh perawat. Padahal aspek spiritual ini sangat penting terutama untuk pasien terminalyang didiagnose harapan sembuhnya sangat tipis dan mendekati sakaratul maut.Menurut Dadang Hawari (1977) " orang yang mengalami penyakit terminal dan menjelang sakaratulmaut lebih banyak mengalami penyakit kejiwaan, krisis spiritual, dan krisis kerohanian sehingga pembinaan kerohanian saat klien menjelang awal perlu mendapatkan perhatian khusus”.
Klien dalam kondisi terminal membutuhkan dukungan dari utama dari keluarga, seakan proses penyembuhan bukan lagi merupakan hal yang penting dilakukan. Sebenarnya, perawatan menjelang kematian bukanlah asuhan keperawatan yang sesungguhnya. 'Si perawatan tersebut hanyalah motivasi dan hal-hal lain yang bersifat mempersiapkan kematian klien. Dengan itu, banyak sekali tugas perawat dalam memberi intervensi terhadap lansia, menjelang kematian, dan saat kematian.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah yang menjadi pokok bahasan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah pengertian Transcultural Nursing dan Kebudayaan?
2.      Bagaimana Transcultural Nursing di Suku Asmat?

C.    Tujuan
Tujuan umum dalam penulisan dalam makalah ini adalah agar mahasiswa dapat membaca dan mempelajari tentang transkultural Nursing di Suku Asmat.



BAB I
TINJAUAN PUSTAKA

A.      Pengertian Transultural Nursing dan Kebudayaan
Keperawatan Transkultural adalah suatu proses belajar dan pelayanan keperawatan   yang   fokus   memandang   perbedaan   dan   kesamaan   diantara budaya dengan menghargai asuhan, sehat dan sakit didasarkan pada nilai budaya manusia, kepercayaan dan tindakan, dan ilmu ini digunakan untuk memberikan asuhan keperawatan khususnya budaya atau keutuhan budaya kepada manusia (Leininger, 2002).
Tujuan   dari transcultural  nursing adalah  untuk mengidentifikasi, menguji,   mengerti   dan   menggunakan   norma   pemahaman   keperawatan transkultural     dalam   meningkatkan   kebudayaan   spesifik   dalam   asuhan keperawatan. Asumsinya adalah berdasarkan teori caring, caring adalah esensi dari, membedakan, mendominasi serta mempersatukan tindakan keperawatan. Perilaku caring diberikan   kepada manusia sejak lahir hingga meninggal dunia.   Human   caring   merupakan   fenomena   universal   dimana,ekspresi, struktur polanya bervariasi diantara  kultur satu tempat dengan tempat lainnya. Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dari kondisi sosio-kultural, agama maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Sekarang ini, jumlah pulau yang ada di wilayah Negara kesatuan republik indonesia (NKRI) sekitar 13.000 pulau besar dan kecil.
Populasi penduduknya berjumlah lebih dari 200 juta jiwa, terdiri dari 300 suku yang menggunakan hampir 200 bahasa yang berbeda. Selain itu mereka juga menganut agama dan kepercayaan yang beragam seperti Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Konghucu serta berbagai macam aliran kepercayaan . Kebudayaan   adalah   salah   satu   aset   penting   bagi   sebuah   Negara berkembang, kebudayaan tersebut untuk sarana pendekatan sosial, symbol karya daerah, asset kas daerah dengan menjadikannya tempat wisata, karya ilmiah dan lain sebagainya. Dalam hal ini suku Dayak Kalimantan yang mengedepankan budaya leluhurnya, sehingga kebudayaan tersebut sebagai ritual ibadah mereka dalam menyembah sang pencipta yang dilatarbelakangi kepercayaan tradisional yang disebut Kaharingan. Menurut  sensus  BPS  tahun  2010, suku bangsa  yang  terdapat  di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia (268 suku bangsa) dan suku asal Kalimantan lainnya (non Dayak dan non Banjar). Dahulu, budaya masyarakat Dayak adalah Budaya maritim atau bahari. Hampir semua nama sebutan orang Dayak mempunyai arti sebagai sesuatu yang berhubungan dengan "perhuluan" atau sungai, terutama pada nama-nama rumpun dan nama kekeluargaannya.

B.       Implikasi Konsep Sehat Dan Sakit Di Papua
Bagaimana orang Papua berdasarkan kebudayaannya  mengkonsepkan sehat dan sakit. Karena keaneka ragaman kebudayaan orang Papua yang terdiri dari berbagai suku bangsa, maka konsep sehat dan sakit itu dapat dipersepsikan berbeda-beda menurut pandangan dasar kebudayaan mereka masing-masing. Orang Moi di sebelah utara kota Jayapura mengkonsepsikan sakit sebagai gangguan keseimbangan fisik apabila masuknya kekuatan alam melebihi kekuatan manusia. Gangguan itu disebabkan oleh roh manusia yang merusak tubuh manusia (Wambrauw, 1994).
Hal ini berarti, bahwa bagi orang Moi yang sehat, ia harus selalu menghindari gangguan dari roh manusia tersebut dengan menghindari diri dari tempat-tempat dimana roh itu selalu berada (tempat keramat, kuburan, hutan larangan, dan sebagainya).  Karena kekuatan-kekuatan alam itu berada pada lingkungan-lingkungan yang menurut adat mereka adalah tempat pantangan untuk dilewati sembarangan. Biasanya untuk mencari pengobatan, mereka langsung pergi ke dukun, atau mengobati sendiri dengan pengobatan tradisional atau melalui orang lain yang dapat mendiagnosa penyakitnya (dukun akan mengobati kalau hal itu terganggu langsung oleh roh  manusia).  
Orang Biak Numfor mengkonsepsikan penyakit sebagai suatu hal yang menyebabkan terdapat ketidak seimbangan dalam diri tubuh seseorang. Hal ini berarti adanya sesuatu kekuatan yang diberikan oleh seseorang melalui kekuatan gaib karena kedengkiannya terhadap orang tersebut (Wambrauw, 1994).  
ini berarti sakit itu disebabkan oleh buatan orang lain melalui kekuatan gaib yang bisa berupa tenung, black magic. Untuk itu maka penyembuhannya selalu melalui dukun atau orang yang dapat mengembalikan  buatan orang tersebut dengan menggunakan beberapa  mantera. Orang Marind-anim  yang berada di selatan Papua juga mempunyai konsepsi tentang sehat dan sakit, dimana apabila seseorang itu sakit berarti orang tersebut terkena guna-guna (black magic).  Mereka juga mempunyai pandangan bahwa penyakit itu akan datang apabila sudah tidak ada lagi keimbangan antara lingkungan hidup dan manusia. Lingkungan sudah tidak dapat mendukung kehidupan manusia, karena mulai banyak.
Bila keseimbangan ini sudah terganggu maka akan ada banyak orang sakit, dan biasanya menurut adat mereka, akan datang seorang kuat (Tikanem) yang  melakukan pembunuhan terhadap warga dari masing-masing kampung secara berurutan sebanyak lima orang, agar lingkungan dapat kembali normal dan bisa mendukung kehidupan warganya (Dumatubun, 2001). Hal yang sama pula terdapat pada orang Amungme, dimana bila terjadi ketidak seimbangan antara lingkungan dengan manusia maka akan timbul berbagai penyakit.
Yang dimaksudkan dengan lingkungan di sini adalah yang lebih berkaitan dengan tanah karena tanah adalah “mama” yang memelihara, mendidik, merawat, dan memberikan makan kepada mereka (Dumatubun, 1987). Untuk itu bila orang Amungme mau  sehat, janganlah merusak alam (tanah), dan harus terus dipelihara secara baik.
Orang Moi di Kepala Burung Papua (Sorong) percaya bahwa sakit itu disebabkan oleh adanya kekuatan-kekuatan supernatural, seperti dewa-dewa, kekuatan bukan manusia seperti roh halus dan kekuatan manusia dengan menggunakan  black magic. Di samping itu ada kepercayaan bahwa kalau orang melanggar pantangan-pantangan secara adat maka akan menderita sakit. Orang Moi, bagi ibu hamil dan suaminya itu harus berpantang terhadap beberapa makanan, dan kegiatan, atau tidak boleh melewati tempat-tempat yang keramat karena bisa terkena roh jahat dan akan sakit (Dumatubun,1999).
Ini berarti untuk sehat, maka orang Moi tidak boleh  makan makanan tertentu pada saat ibu hamil dan suaminya tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, seperti membunuh binatang besar, dan sebagainya. Hal yang sama pula bagi orang Moi Kalabra yang berada di hulu sungai Beraur, (Sorong). Mereka percaya bahwa penyakit itu disebabkan oleh adanya gangguan roh jahat, buatan orang serta melanggar pantanganpantangan secara adat. Misalnya bila seorang ibu hamil mengalami keguguran atau perdarahan selagi hamil itu berarti ibu tersebut terkena “hawa kurang baik” (terkena black magic/ atau roh jahat). Mereka juga percaya kalau ibu itu tidak bisa hamil/ tidak bisa meneruskan keturunan,  berarti ibu tersebut telah dikunci karena suami belum  melunasi mas kawin. Kehamilan akan terjadi bila sang suami sudah dapat melunasinya, maka penguncinya akan membuka black magic-nya itu (Dumatubun, 1999).
Orang Hatam yang berada di daerah Manokwari percaya bahwa sakit itu disebabkan oleh  gangguan kekuatan supranatural seperti dewa, roh jahat, dan buatan manusia. Orang Hatam percaya bahwa bila ibu hamil sulit melahirkan,  berarti ibu tersebut terkena buatan orang dengan obat racun (rumuep) yaitu suanggi, atau penyakit oleh orang lain yang disebut “priet” (Dumatubun, 1999). Orang Kaureh di kecamatan Lereh percaya bahwa seorang ibu  yang  mandul adalah hasil perbuatan orang lain yaitu dengan black magic atau juga karena kutukan oleh  keluarga yang tidak menerima bagian  harta mas kawin (Dumatubun, 1999).

C.      Hambatan Sosial Pada Perawatan Kesehatan Di Suku Asmat
Kepala Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, Steven Langi mengatakan, pendataan empat tim terpadu penanggulangan campak dan gizi buruk mencatat setidaknya sudah 61 orang tewas. Dikutip Kompas, ia menyatakan bahwa 59 korban meninggal berasal dari tiga distrik, yakni Fayit, Aswi, dan Pulau Tiga. Tiga korban lain meninggal di Rumah Sakit Agats, ibu kota Kabupaten Asmat. Kendati begitu, kondisi medan yang berat menjadi permasalah utama penanganan wabah. "Medan di sana memang sangat berat.
Contoh di Nduga saja. Jalan baru ke Wamena saja 4 hari, ini sama di Asmat juga sama. Perjalanan ada rawa, di situ harus naik boat 2 sampai 3 jam untuk biaya ada Rp 3 sampai Rp 4 juta. Ini sebuah kendala yang memang sangat menghambat," ungkapnya.


D.      Keyakinan Tradisional Tentang Kesehatan Dan Penyakit Di Suku Asmat
1.      Keyakinan Tradisional
Adat istiadat suku Asmat mengakui dirinya sebagai anak dewa yang berasal dari dunia mistik atau gaib yang lokasinya berada di mana mentari tenggelam setiap sore hari. Mereka yakin bila nenek moyangnya pada jaman dulu melakukan pendaratan di bumi di daerah pegunungan. Selain itu orang suku Asmat juga percaya bila di wilayahnya terdapat tiga macam roh yang masing-masing mempunyai sifat baik, jahat dan yang jahat namun mati. Berdasarkan mitologi masyarakat Asmat berdiam di Teluk Flamingo, dewa itu bernama Fumuripitis.
Orang Asmat yakin bahwa di lingkungan tempat tinggal manusia juga diam berbagai macam roh yang mereka bagi dalam 3 golongan.
1.        Yi – ow atau roh nenek moyang yang bersifat baik terutama bagi keturunannya.
2.        Osbopan atau roh jahat dianggap penghuni beberapa jenis tertentu.
3.        Dambin – Ow atau roh jahat yang mati konyol.
Kehidupan orang Asmat banyak diisi oleh upacara-upacara. Upacara besar menyangkut seluruh komuniti desa yang selalu berkaitan dengan penghormatan roh nenek moyang seperti berikut ini :
a. Mbismbu (pembuat tiang)
b. Yentpokmbu (pembuatan dan pengukuhan rumah yew)
c. Tsyimbu (pembuatan dan pengukuhan perahu lesung)
d. Yamasy pokumbu (upacara perisai)
e. Mbipokumbu (Upacara Topeng)

2.      Roh-roh dan Kekuatan Magis
a.         Roh setan
Kehidupan orang-orang Asmat sangat terkait erat dengan alam sekitarnya. Mereka memiliki kepercayaan bahawa alam ini didiami oleh roh-roh, jin-jin, makhluk-makhluk halus, yang semuanya disebut dengan setan. Setan ini digolongkan ke dalam 2 kategori :


1.        Setan yang membahayakan hidup
Setan yang membahayakan hidup ini dipercaya oleh orang Asmat sebagai setan yang dapat mengancam nyawa dan jiwa seseorang. Seperti setan perempuan hamil yang telah meninggal atau setan yang hidup di pohon beringin, roh yang membawa penyakit dan bencana (Osbopan).
2.        Setan yang tidak membahayakan hidup
Setan dalam kategori ini dianggap oleh masyarakat Asmat sebagai setan yang tidak membahayakan nyawa dan jiwa seseorang, hanya saja suka menakut-nakuti dan mengganggu saja. Selain itu orang Asmat juga mengenal roh yang sifatnya baik terutama bagi keturunannya., yaitu berasal dari roh nenek moyang yang disebut sebagai yi-ow[10].
b.        Kekuatan magis dan Ilmu sihir
Orang Asmat juga percaya akan adanya kekuatan-kekuatan magis yang kebanyakan adalah dalam bentuk tabu. Banyak hal -hal yang pantang dilakukan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti dalam hal pengumpulan bahan makanan seperti sagu, penangkapan ikan, dan pemburuan binatang
Kekuatan magis ini juga dapat digunakan untuk menemukan barang yang hilang, barang curian atau pun menunjukkan si pencuri barang tersebut. Ada juga yang mempergunakan kekuatan magis ini untuk menguasai alam dan mendatangkan angin, halilintar, hujan, dan topan.

3.      Praktik Tradisional
1)      Pengobatan Rakyat Alamiah
a)      Buah Merah
Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Buah ini banyak terdapat di Jayapura, Manokwari, Nabire,  dan Wamena. Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat. Secara tradisional, Buah Merah dari zaman dahulu secara turun temurun sudah dikonsumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina.

b)      Kayu Akway
Kayu akway (Drymis sp) tumbuh di hutan Pegunungan Arfak - Papua, Australia, Philippina, Afrika dan Amerika Latin, herbal ini sering digunakan oleh masyarakat Papua, terutama mereka masyarakat Moile yang berdomisili di kampung Anggra dan Smerbei di pedalaman distrik Miyambouw sebelah Selatan Manokwari (Papua). Masyarakat papua dalam kehidupan sehari-hari biasa menggunakan kayu akway ini untuk mengobati sakit pada persendian (reumatik), sebagai obat kulit alami (baik untuk kudis), KB alami (digunakan untuk mengatur jarak kelahiran) bisa juga untuk mengurangi nyeri haid, asma, TBC, Bronchitis, Penumonia serta ampuh mengobati demam yang disebabkan malaria.
c)      Daun Gatal
Daun gatal yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional dan dipasarkan di pasar tradisional Manokwari adalah daun dari tanaman perdu famili Urticaceae yang terdiri atas beberapa spesies. Daun gatal yang umumnya dijual di pasar tradisional Kota Manokwari berasal dari spesies
Laportea decumana (roxb.) chew. Daun gatal sebagai pereda nyeri dan penghilang pegal.
2)      Pengobatan Rakyat Magisoreligius
a)      Pola Pengobatan Jimat. Pola pengobatan jimat dikenal oleh masyarakat di daerah kepala burung terutama masyarakat Meibrat dan Aifat. Prinsip pengobatan jimat, menurut Elmberg, adalah orang menggunakan benda-benda kuat atau jimat untuk memberi perlindungan terhadap penyakit.
b)      Pola Pengobatan Kesurupan. Pola kesurupan dikenal oleh suku bangsa di daerah sayap burung, yaitu daerah teluk Arguni. Prinsip pengobatan kesurupan menurut van Longhem adalah seorang pengobat sering kemasukan roh/mahluk halus pada waktu berusaha mengobati orang sakit.
c)      Pola Pengobatan Penghisapan Darah. Pola penghisapan darah dikenal oleh suku bangsa yang tinggal disepanjang sungai Tor di daerah Sarmi, Marind-anim, Kimaam, Asmat. Prinsip dari pola pengobatan ini menurut Oosterwal, adalah bahwa penyakit itu terjadi karena darah kotor, maka dengan menghisap darah kotor itu, penyakit dapat disembuhkan. Cara pengobatan penghisapan darah ini dengan membuat insisi dengan pisau, pecahan beling, taring babi pada bagian tubuh yang sakit. Cara lain dengan meletakkan daun oroh dan kapur pada bagian tubuh yang sakit. Dengan lidah dan bibir daun tersebut digosok-gosok sampai timbul cairan merah yang dianggap perdarahan. Pengobatan dengan cara ini khusus pada wanita saja.
4.      Pola Pengobatan Injak. Pola injak dikenal oleh suku bangsa yang tinggal disepanjang sungai Tor di daerah Sarmi. Prinsip dari pengobatan ini menurut Oosterwal adalah bahwa penyakit itu terjadi karena tubuh kemasukan roh, maka dengan menginjak-injak tubuh si sakit dimulai pada kedua tungkai, dilanjutkan ketubuh sampai akhirnya ke kepala, maka injakan tersebut akan mengeluarkan roh jahat dari dalam tubuh.
5.      Pola Pengobatan Pengurutan. Pola pengurutan dikenal oleh suku bangsa yang tinggal di daerah selatan Merauke yaitu suku bangsa Asmat, dan selatan kabupaten Jayapura yaitu suku bangsa Towe. Prinsip dari pola pengobatan ini menurut van Amelsvoort adalah bahwa penyakit itu terjadi karena tubuh kemasukan roh, maka dengan mengurut seluruh tubuh si sakit, maka akan keluar roh jahat dari dalam tubuhnya. Orang Asmat menggunakan lendir dari hidung sebagai minyak untuk pengurutan. Sedangkan pada suku bangsa Towe penyebab penyakit adalah faktor empirik dan magis. Dengan menggunakan daun-daun yang sudah dipilih, umunya baunya menyengat, dipanaskan kemudian diurutkan pada tubuh si sakit.
6.      Penggunaan Benda Pelindung Di Suku Asmat
Seluruh bahan dan desain pakaian Suku Asmat sangat terinspirasi dari alam. Dengan bahan utama rautan daun sagu, pakaian laki –laki dibuat menyerupai burung dan binatang – binatang lain yang melambangkan kejantanan. Sementara rok dan penutup dada untuk perempuan menggunakan daun sagu, lambang kecantikan burung kasuari.  Sumber daya alam menjadi bahan utama dalam kebutuhan papan Suku Asmat.
Penutup dada untuk perempuan Suku Asmat. Rajutan yang berasal dari alam (sumber : indonesiakaya.com)
Penutup dada untuk perempuan Suku Asmat. Rajutan yang berasal dari alam (sumber : indonesiakaya.com)
Tidak hanya pakaian, aksesoris tubuh pun demikian. Hiasan untuk tubuh seperti hiasan telinga, hidung, kalung, gelang, tas, hingga mahkota di kepala pun terinspirasi dari alam. Bulu burung kasuari, taring babi, batang pohon sagu, kulit kerang, gigi anjing dan bulu burung Cendrawasih menjadi bahan – bahan utama dalam masyarakat Suku Asmat untuk menjadikan aksesoris tubuh. Bukan karena keterbatasan, bukan asal – asalan. Pemilihan benda – benda tersebut untuk aksesoris merupakan sebuah cara bagaimana masyarakat Asmat merepresentasikan kedekatan mereka dengan makhluk hidup lain yang ada di sekitar mereka.
Secara lebih khusus, mahkota yang digunakan di kepala orang – orang Asmat melambangkan penghormatan tertinggi akan alam. Kepala adalah tempat tertinggi dari tubuh manusia, hal ini menjadi sebuah simbol bahwa masyarakat Suku Asmat memberikan penghormatan tertinggi kepada alam sebagai pemberi kehidupan  yang menaungi mereka. Benda – benda alami yang disematkan pada mahkota menjadi simbol akan kekuatan – kekuatan alam yang menjadi pelindung. Selain itu, khusus kepada kaum laki – laki Suku Asmat, penggunaan mahkota melambangkan penghormatan kepada nenek moyang dan leluhur sebagai pengaruh besar dalam kehidupan yang mereka jalani.
Hiasan telinga untuk laki - laki, digunakan ketika berburu (sumber : indonesiakaya.com)
Hiasan telinga untuk laki - laki, digunakan ketika berburu (sumber : indonesiakaya.com)
Selain itu, gambar – gambar yang melengkapi tubuh masyarakat Suku Asmat pun tidak lepas dari nilai filosofi. Penggunaan warna merah berasal dari campuran tanah liat dan air, sedangkan warna putih yang didapat dari tumbukkan kerang melambangkan perjuangan untuk mengarungi kehidupan. Masyarakat Asmat begitu lengkap dalam mengangkat penghargaan dan penghormatan pada alam sebagai bagian terbesar dari kehidupan mereka.
Penghormatan akan alam menjadi jati diri tersendiri dari Suku Asmat. Perpaduan antara filosofi dan nilai – nilai penghormatan kepada alam yang memberikan kehidupan pada manusia merupakan sebuah nilai universal yang sudah sepatutnya kita pelajari dari masyarakat Suku Asmat dengan menempatkan alam pada posisi tertinggi untuk dilindungi, dihargai, dan dilestarikan.
7.      Penggunaan Makanan
Suku asmat memiliki makanan pokok yang setiap hari mereka makan, yaitu sagu. Sagu mereka bentuk menjadi bulatan-bulatan dan kemudian dibakar. Disamping itu, masyarakat suku asmat juga sangat suka memakan ulat sagu yang bisanya ada didalam batang pohon sagu. Cara mereka mengolah ulat sagu yaitu dengan membungkusnya menggunakan daun nipah, kemudian ditaburi sagu, dan dibakar.
Selain dua makanan tersebut, masyarakat suku asmat juga mengonsumsi ikan bakar dan sayuran. Yang sangat memperhatinkan dari tempat tinggal suku ini adalah kurangnya sumber air bersih. Hal ini dikarenakan mayoritas wilayah tempat tinggal suku asmat berupa rawa. Untuk memenuhi kebutuhan akan air, mereka hanya mengandalkan air rawa dan air hujan saja.

8.      Penyembuh
Rumah bujang, atau biasa disebut Jew adalah sebuah bangunan dari kayu dan beratapkan daun sagu atau nipah.  Bangunan ini luar biasa panjangnya untuk ukuran bangunan kayu.  Bisa mencapai hingga 50-an meter dengan lebar hingga belasan meter.  Rumah adat ini tempat kegiatan suku Asmat, baik dalam melakukan pekerjaan maupun musyawarah untuk keperluan adat.
Tidak ada paku atau pasak yang mengokohkan rumah ini.  Hanya tali rotan dan akar yang saling menghubungkan satu sama lainnya.
Di dalamnya ada perapian, senjata tradisional berupa panah dan tombak untuk berburu, juga barang yang dianggap sangat keramat dan bertuah, Noken.  Sebuah benda berbentuk tas yang dibuat dari anyaman serat tumbuhan.  Tidak sembarang orang boleh menyentuh benda ini, hanya orang-orang tertentu saja dari kalangan Suku Asmat.
Noken ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Ada syarat dan terapi-terapi tertentu yang harus dipatuhi pasien dan dipastikan sembuh.  Seorang suku asmat di rumah bujang tersebut menceritakan bahwa pasien yang berobat secara adat, asal mematuhi aturan-aturan tersebut, kelak akan sembuh dalam waktu singkat.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Orang Papua yang terdiri dari keaneka ragaman kebudayaan memiliki pengetahuan tentang mengatasi berbagai masalah kesehatan yang secara turun temurun diwariskan dari generasi ke genarasi berikutnya. Nampaknya pengetahuan tentang mengatasi masalah kesehatan pada orang Papua yang berada di daerah pedesaan lebih cenderung menggunakan pendekatan tradisional karena faktor-faktor kebiasaan, lebih percaya pada kebiasaan leluhur mereka, dekat dengan praktisi langsung seperti dukun, lebih dekat dengan kerabat yang berpengalaman mengatasi masalah kesehatan secara tradisional, mudah dijangkau, dan pengetahuan penduduk yang masih berorientasi tradisional.


DAFTAR PUSTAKA


Djoht, Djekky R. “Kebudayaan, Penyakit dan Kesehatan di Papua dalam
Perspektif Antropologi Kesehatan” dalam Buletin Populasi Papua, Vol. II.
No.4 November 2001. Jayapura. PSK-UNCEN
Buku ajar FUNDAMENTAL KEPERAWATAN EDISI 4
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1512781/noken-dan-rumah-bujang-suku-asmat/3, loita-kurrota-a.blog.ugm.ac.id/2011/11/09/sistem-kepercayaan-suku-asmat/, https://fratermigani.blogspot.com › Obat Tradisional › Opini, http://pola-makan.fisip-umj.web.id/ind/2490-2380/Suku-Asmat_43198_fisipumj_pola-makan-fisip-umj.html, buku dukun asmat karya willem bobi.

Related Post



Post a Comment