MAKALAH PEMANASAN GLOBAL WARMING

Posted by GLOBAL MAKALAH

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL


KATA PENGANTAR

 Dengan selaga puji bagi Allah yang memberikan keberkahan ilmu, dunia dan akhirat serta memberikan kesehatan bagi kita semua, sehingga kita semua  dapat menyimak serta dapat membaca makalah yang ditulis oleh global makalah ini.
Tanpa dukungan serta Kunjungan kalian semua, makalah ini tidak akan pernah selesai, dan saya harap kalian semua tidak pernah bosan – bosan untuk selalu berkunjung di global makalah ini.
Dan kali ini saya akan membagikan Makalah yang berjudul diatas, dan semoga bermanfaat. Amin – amin ya robal alamin.

Indramayu, 1 April 2018
BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pemanasan Global (Global Warming) dan Krisis Iklim (Climate Crisis) adalah dua isu global yang semakin sering didengungkan oleh berbagai pihak belakangan ini. Tetapi sayangnya porsi pemberitaan kedua topik yang sangat mendesak ini masih sangat  minim di media massa.
Untuk itulah Makalh kecil ini dibuat: untuk memberikan pengetahuan kepada pembacanya mengenai pemanasan global, bahayanya, serta solusi untuk mengeremnya.
Mengeremnya? Ya, mengerem pemanasan global tidaklah mustahil apabila masing-masing dari kita mau berubah. Perubahan pola pikir dan pola hidup dapat mengerem pemanasan global hingga titik terendah yang bahkan mungkin Anda pikir mustahil untuk dilakukan.
Sumber utama informasi yang disediakan di dalam Makalh  ini adalah internet. Pada dasarnya internet menyediakan hampir semua informasi yang kita butuhkan. Tetapi sayangnya masyarakat Indonesia yang memiliki akses internet masih terbatas. Makalah ini juga ditujukan untuk menjembatani hal tersebut. Dan dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat untuk para pembaca, dan makalah ini juga penuh dengan banyaknya kekurangan makanya dengan dukungan para pembaca sehingga dapat

B.       Rumusan Masalah
1.      Memahami Mengenai Pemanasan Global Warming
2.      Mengetahui Penyebab Pemanasan Global Warming
3.      Mengetahui Ancaman Terbesar Planet Bumi dari Menasan Glomar Warming
4.      Mengetahui penanggulangan Pemanasan Global Warming

BAB II PEMBASAHAN

A.    Pengertian Pemanasan Global

Dikutip dari ebook Agus R. dan Rudy S. yang berjudul Global Warming pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. (Agus R.dan Rudy.S)

B.      Penyebab Pemanasan Global
Dikutip dari Ebook Agus R. dan Rudy S  Penelitian yang telah dilakukan para ahli selama beberapa dekade terakhir ini menunjukkan bahwa ternyata makin panasnya planet bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.
Khusus untuk mengawasi se- bab dan dampak yang dihasilkan oleh pemanasan global, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) membentuk sebuah kelompok peneliti yang disebut  dengan International Panel on Cli- mate Change (IPCC). Setiap beberapa tahun sekali, ribuan ahli dan peneliti  terbaik dunia yang tergabung dalam IPCC mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan penemuan-penemuan terbaru yang berhubungan dengan pemanasan global. Mereka juga membuat
Kesimpulan dari laporan dan penemuan-penemuan baru yang berhasil dikumpulkan, kemudian menetapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang ada.
Hal pertama yang mereka temukan adalah bahwa beberapa jenis gas rumah kaca bertanggung jawab langsung terhadap pemanasan yang kita alami. Dan manusialah contributor terbesar dari terciptanya gas-gas rumah kaca tersebut. Kebanyakan dari gas rumah kaca ini dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor, pabrik modern, peternakan, serta pembangkit tenaga listrik.
Apa itu rumah kaca ?
Atmosfer bumi terdiri dari bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca”. Disebut gas rumah kaca karena sistem kerja gasgas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalam rumah kaca agar suhu di dalamnya tetap hangat.
Dengan begitu tanaman di dalamnya akan tumbuh dengan baik karena mendapat panas matahari yang cukup.
Pada dasarnya planet kita membutuhkan gas-gas tesebut untuk menjaga kehidupan di dalamnya. Tanpa keberadaan gas rumah kaca, bumi akan menjadi terlalu dingin untuk ditinggali karena tidak adanya lapisan yang mengisolasi panas matahari. Sebagai perbandingan, planet mars yang memiliki lapisan atmosfer tipis dan tidak memiliki efek rumah kaca memiliki temperatur rata-rata -32 Celcius.
Kontributor terbesar pemanasan o global saat ini adalah karbon dioksida (CO2), metana (CH4) yang dihasilkan agrikultur dan peternakan (terutama dari sistem pencernaan hewan-hewan ternak), nitrogen oksida (NO) dari pupuk, dan gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC).
Rusaknya hutan-hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan
CO2 juga makin memperparah keadaan ini karena pohon-pohon yang mati akan melepaskan CO2 yang tersimpan di dalam jaringannya ke atmosfer.
Setiap gas rumah kaca memiliki efek pemanasan global yang berbedabeda. Beberapa gas menghasilkan efek pemanasan lebih parah dari CO2. Sebagai contoh sebuah molekul metana menghasilkan efek pemanasan 23 kali dari molekul CO2.
Molekul NO bahkan menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul CO2. Gas-gas lain seperti chlorofluorocarbons (CFC) ada yang menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari CO2. Tetapi untungnya pemakaian CFC telah dilarang di banyak negara karena CFC telah lama dituding sebagai penyebab rusaknya lapisan ozon.

C.    Ancaman Terbesar Bagi Bumi Akibat Global Warming
1.      Pencairan ES di Kutup Utara
Pemanasan Global berdampak langsung pada terus mencairnya es di daerah Kutub Utara dan  Kutub Selatan. Es di Greenland yang telah mencair hampir mencapai 19 juta ton! Dan volume es di Artik pada musim panas 2007 tinggal setengah dari yang ada 4 tahun sebelumnya! Saat ini, mencairnya es berjalan jauh lebih cepat dari model-model prediksi yang pernah diciptakan oleh para ilmuwan.
Beberapa prediksi awal yang pernah dibuat sebelumnya memperkirakan bahwa seluruh es di kutub akan lenyap pada tahun 2040 sampai 2100. Tetapi data es tahunan yang tercatat hingga tahun 2007 membuat mereka berpikir ulang mengenai model prediksi yang telah dibuat sebelumnya.
Para ilmuwan mengakui bahwa ada faktor-faktor kunci yang tidak mereka ikutkan dalam model prediksi yang ada.  Dengan menggunakan data es terbaru serta model prediksi yang lebih akurat, Dr. H. J. Zwally, seorang ahli iklim NASA membuat prediksi baru yang sangat mencengangkan: HAMPIR SEMUA ES DI KUTUB UTARA AKAN LENYAP PADA AKHIR MUSIM PANAS 2012!
2.      Meningkatnya Level Permukaan Laut
M encairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan berdampak langsung pada  naiknya level permukaan air laut (grafik di samping menunjukkan hasil pengukuran level permukaan air laut selama beberapa tahun terakhir).
Para ahli memperkirakan apabila seluruh es di Greenland mencair, level Permukaan laut akan naik sampai dengan 7 meter! Cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan, dan dataran rendah di seluruh dunia.
3.      Perubahan Iklim semakin lama semakin ekstrim
NASA menyatakan bahwa pemanasan global berimbas pada semakin
ekstrimnya perubah-an cuaca dan iklim bumi. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan ban- jir di satu tempat, tetapi kekeringan  di tempat yang lain. Topan dan badai tropis baru, akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat.
4.      Glombang panas semakin hari semakin Ganas
Pemanasan Global mengakibatkan gelombang panas menjadi semakin sering dan semakin kuat.  Tahun 2007 adalah tahun pemecahan rekor baru untuk suhu yang  dicapai oleh gelombang panas yang biasanya melanda Amerika Serikat.
5.      Habisnya Sumber Air bersih di dunia
Mencairnya gletser-gletser dunia mengancam ketersediaan air bersih, dan pada jangka  panjang akan turut menyumbang peningkatan level air laut dunia. Dan sayangnya itulah yang terjadi. Gletsergletser dunia saat ini mencair hingga titik yang mengkhawatirkan!  NASA mencatat bahwa sejak tahun 1960 hingga 2005 saja, jumlah gletser-gletser di berbagai belahan dunia yang hilang tidak kurang dari 8.000 meter kubik! Para ilmuwan NASA kini telah menyadari bahwa cairnya gletser, cairnya es di kedua kutub bumi, meningkatnya temperature bumi secara global, hingga meningkatnya level air laut merupakan buktibukti bahwa planet bumi sedang terus memanas. Dan dipastikan bahwa umat noaa.gov wikipedia.org manusialah yang bertanggung jawab  untuk hal ini.

D.    PENANGGULANGAN PEMANASAN GLOBAL
Dikutip dari ilmu geografi.com Upaya menanggulangi Pemanasan Global ini bisa dimulai dari diri sendiri dan ruang publik kehidupan serta lingkungan di sekitar kita. Walaupun tidak akan langsung terealisasi atau terlihat langsung dampak dari upaya yang kita lakukan, tapi jika dilakukan terus menerus dan dilakukan oleh orang banyak, beberapa tahun kedepan pasti akan terlihat perubahan yang telah kita lakukan. Dan walaupun kita tidak dapat menghentikan pemanasan global ini tetapi setidaknya kita dapat memperlambat dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global tersebut. Upaya menanggulangi pemanasan global yang dapat kita lakukan tersebut antara lain:
1.Melakukan penghematan listrik
Dengan berhemat listrik, secara tidak langsung kita telah mengurangi kadar CO2 pada lapisan atmosfer karena sebagian besar gas CO2 ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.
2. Menanam pohon atau reboisasi
Menanam pohon atau reboisasi merupakan langkah untuk menyeimbangkan kadar gas CO2 di lapisan atmosfer. Karena pohon akan menyerap gas CO2 untuk melakukan proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Dan hal ini akan membuat udara pada lapisan atmosfer lebih sejuk dan pemanasan global sedikit teratasi
3. Tidak menebang pohon di hutan sembarangan
Seperti disebutkan sebelumnya, pohon merupakan tumbuhan yang menyerap gas CO2. Jadi, jika kita menebangnya, apalagi menebang dalam jumlah yang sangat banyak, akan menimbulkan bahaya jika hutan di bumi terus dieksploitasi secara berlebihan, dan dampak pemanasan global pun akan semakin buruk karena tidak ada yang menyerap gas CO2. Dengan mengurangi dampak penebangan hutan secara liar juga kita turut membantu cara menjaga kelestarian hutan yang saat ini banyak mengalami dampak akibat kerusakan hutan.
4. Menggunakan Energi Alternatif
Kita dapat menggunakan energi alternatif guna meminimalisir hal – hal yang dapat menjadi penyebab pemanasan global. Misalnya mengganti pemakaian pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil dengan energi yang dikeluarkan oleh sinar matahari, panas bumi, angin atau air.
5. Tidak menggunakan alat yang menghasilkan gas CFC
Gas CFC ini biasanya dihasilkan oleh peralatan pendingin udara. Dan perlu diketahui bahwa saat ini CFC menyumbangkan 20% proses terjadinya efek rumah kaca. Maka dari itu, penggunaan CFC harus dihentikan. menghapus penggunaan CFC secara menyeluruh.
6. Mengurangi penggunaan kendaraan bahan bakar fosil
Kendaraan bahan bakar fosil, seperti mobil atau motor merupakan penyumbang CO2 terbesar di perkotaan. Apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi. Dengan banyaknya pemakaian kendaraan pribadi maka akan menyebabkan borosnya penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi karbon dioksida. Tetapi jika kita mengurangi penggunaan kendaraan, maka sedikitnya kita sudah mengurangi emisi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.
7. Melakukan Reuse, Reduce dan Recycle
Reuse, merupakan cara pemanfaatan sampah atau memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak terpakai atau penggunaan barang – barang yang tidak sekali pakai, jadi barang tersebut masih dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk pemakaian kedua dan seterusnya. Misalnya seperti menggunakan kertas bekas untuk kertas corat-coret atau catatan keperluan sehari hari atau menggunakan sapu tangan yang bisa digunakan kembali daripada menggunakan kertas tissue.
Reduce, yaitu melakukan penghematan dan mengurangi sampah. Misalnya hemat dalam menggunakan kertas dan tissue karena kertas dan tissue terbuat dari kayu yang harus ditebang dari pohon di hutan. Atau bisa juga membeli produk yang berlabel ramah lingkungan dan mengurangi pemakaian produk yang dikemas plastik atau styrofoam. Dan berhenti menggunakan semprotan aerosol untuk mengurangi CFC yang akan mengganggu lapisan Ozon bumi.
Recycle, yaitu mendaur ulang barang – barang yang sudah tidak dapat digunakan menjadi barang yang memberikan manfaat. Misalnya dengan cara memisahkan barang – barang yang berbahan organik dan bukan organik terlebih dahulu. Lalu yang berbahan organik bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos dan yang bukan organik seperti botol plastik bisa dikreasikan menjadi kotak pensil atau pot tanaman.

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
Global warming akan terjadi jika kita tidak bisa menanggulangi, karena kita sudah tau akibat dari Global Warming itu berdampak besar bagi bumi, sampai – sampai sedekit – demi sedikit akan merusak bumi hingga meleburkan apa yang ada di dalam isinya.
Maka dari pada itu kita harus antisipasi untuk menanggulangi akibat Global Warming, dengan antisipasi dapat dari global warming akan teratasi.


SUMBER REFENSI MAKALAH
http://suprememastertv.com/bbs/board.php?bo_table=sos_main
http://news.uk.msn.com/50-ways-to-save-the-world.aspx
http://www.treehugger.com/gogreen.php
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/upaya-menanggulangi-pemanasan-global
http://www.suprememastertv.com/ina/bbs/board.php?bo_table=sos_ina&sca=sos_3
http://godsdirectcontact.com/topics/SOSGlobalWarming.html
http://www.greenpeace.org/usa/getinvolved/green-guide/green-lifestyle/go-vegetarian
http://www.huffingtonpost.com/kathy-freston/taking-global-warming-per_b_74497.html
http://www.huffingtonpost.com/kathy-freston/vegetarian-is-the-new-pri_b_39014.html
http://www.goveg.com/environment-globalwarming.asp
http://www.ehow.com/how_2134749_green-vegetarian-style.html
http://www.goveg.com/
http://www.peta.org/
http://www.goveg.com/photos.asp
http://www.fishinghurts.com/fishFarms.asp
http://godsdirectcontact.us/com/vegetarian/alternativeliving/htm/AL-indonesian-2.htm
http://www.goveg.com/celebs_famous.asp
http://al.godsdirectcontact.org.tw/vg-vip/query/index.php
http://www.goveg.com/order.asp
hiduplebihmulia.wordpress.com

Untuk yang tidak mau edit file anda bisa ngambil di bawah ini


DOWNLOAD

Related Post



Post a Comment