MAKALAH ANALISIS ASPEK MANAJMEN KOPERASI DAN UKM

Posted by GLOBAL MAKALAH

Makalah Manajemen Koperasi Dan UKM
ANALISIS ASPEK MANAJEMEN KOPERASI DAN UKM
PKPRI  INDRAMAYU

Keterangan :
Jika ingin download file makalahnya nada bisa unduh di bawah ini:

==========================================
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah
Koperasi dikenal sebagai badan usaha yang dibangun dari dan untuk anggota. Hal ini dikarenakan modal pendirian koperasi berasal dari anggotanya dan beroperasi berdasarkan keputusan dari semua anggota yang terdaftar. Menurut UU No 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi merupakan salah satu bentuk dari organisasi yang mudah ditemui di Indonesia. Asas koperasi yang menjunjung tinggi kekeluargaan dalam kegiatannya akrab dengan budaya yang telah mendarah daging dalam masyarakat. Selain itu koperasi juga memiliki peran penting bagi perekonomian masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat dengan ekonomi lemah. Sebagai contoh, koperasi simpan pinjam dapat memberikan solusi pendanaan bagi masyarakat. Hal ini menjadi salah satu alasan mampunya koperasi tetap mempertahankan eksistensinya di tengah perkembangan ekonomi yang menyediakan berbagai alternatif ragam organisasi lain. Koperasi mempunyai fungsi dan peran untuk membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan usaha anggota pada umumnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan usahanya. Oleh karena itu, koperasipun menjadi menarik untuk dijadikan objek penelitian di berbagai bidang ilmu.
koperasi wajib memberikan informasi pada setiapanggotanya mengenai laporan keuangan koperasi yang dibukukun dalam bukulaporan pertanggungjawaban pengurus koperasi yang dibagikan kepada setiapanggota koperasi pada Rapat Anggota Tahunan (RAT). Laporan keuangankoperasi dapat memberikan informasi mengenai perkembangan atau kemudurankoperasi. Dalam laporan keuangan koperasi tercatat semua transaksi yang terjadipada koperasi selama satu periode, sehingga pemakai dapat mengetahui manfaatyang diperoleh sebagai anggota koperasi selama satu periode dengan SHU yangdiperoleh, sumber daya ekonomi yang dimiliki, dan dapat diketahui pulakewajiban dan kekayaan bersihnya.
Dalam Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Koperasi, laporankeuangan sangat penting untuk menginformasikan posisi keuangan, kinerjakeuangan, dan laporan arus kas suatu entitas yang berguna bagi sejumlahpengguna dalam pengambilan keputusan.
Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Indramayu ber alamat di Jl. Yos Sudarso No. 56 Indramayu, Jawa Barat Telp (0234) 272140PKPRI Indaramayu adalah koperasi yang mempunyai jenis usaha yaitu di bidang Unit Usaha simpan pinjam  (USP) danUnit Jasa Angkutan (UJA) yang meliputi : menyewakan kendaraan truk, menyewakan gedung dan peralatannya, kerjasama pengadaan pangan, jasa konstruksi.
Berdasarkan uraian di atas maka penyusun tertarik untuk membahas masalahtersebut dan menyusunnya dalam bentuk makalah laporan  yang berjudul “AnalisisAspek manajemen Koperasi dan UKMPusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Indramayu

1.2.  Rumusan Masalah
1. Bagaimana penyajian laporan keuanganpada PKPRI Indramayu ?
2. Bagaimana penyajian laporan SDM pada PKPRI Indramayu ?
3. Bagaimana penyajian laporan pemasaran pada PKPRI Indramayu ?
4. Bagaimana penyajian laporan produksi pada PKPRI Indramayu ?
5. Bagaimana penyajian laporan keanggotaan pada PKPRI Indramyu ?
6. Bagaimana penyajian laporan kepengurusan pada PKPRI Indramayu ?

1.3. Tujuan
1 Mengetahui penyajian laporan keuangan pada PKPRI Indramayu
2 Mengetahui penyajian laporan SDM pada PKPRI Indramayu
3 Mengetahui penyajian laporan pemasaran pada PKPRI Indramayu
4 Mengetahui penyajian laporan produksi pada PKPRI Indramayu
5 Mengetahui penyajian laporan keanggotaan pada PKPRI Indramayu
6 Mengetahui penyajian laporan kepengurusan pada PKPRI Indramayu
7 Mengetahui penyajian laporan kepengawasan pada PKPRI Indramayu

1.4 Manfaat
2 Agar mengetahui penyajian laporan SDM pada PKPRI Indramayu
3 Agar mengetahui penyajian laporan pemasaran pada PKPRI Indramayu
4 Agar mengetahui penyajian laporan produksi pada PKPRI Indramayu
5 Agar mengetahui penyajian laporan keanggotaan pada PKPRI Indramayu
6 Agar mengetahui penyajian laporan kepengurusan  pada PKPRI Indramayu
7 Agar mengetahui penyajian laporan kepengawasan pada PKPRI Indramayu

                                                           




                                               
BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Manajemen
"Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Mary Parker F.
"Pengertian manajemen adalah sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan oran"Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."
George R. Terry
" Definisi Manajemen merupakan ilmu sekaligus seni, manajemen adalah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya."
Stoner
"Ilmu Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dan juga menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan."



2.2  Pengertian Koperasi
Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
2.3  Aspek manajemen koperasi
a)      Manajemen keuangan koperasi adalah penerapan fungsi – fungsi manajemen pada unsur keuangan perusahaan koperasi yang meliputi : penarikan dana,penggunaan dana – investasi,dan penyelenggaraan akuntansi keuangan secara transparan akuntabel,untuk mencapai visi tujuan perusahaan dan organisasi koperasi secara efektif efisien dan produktif berdasar atas nilai nilai dan prinsip ekonomi
b)      Manajemen SDM koperasi adalah penerapan fungsi – fungsi manajemen pada unsur SDM perusahaan koperasi yang meliputi : analisis jabatan,rekruitasi,pelatihan,penempatan,dan promosi untuk mencapai visi tujuan perusahaan dan organisasi koperasi secara efektif dan efisien dan produktif berdasar atas nilai – nilai dan prinsip koperasi.
d)     Manajemen produksi koperasi adalah penerapan fungsi – fungsi manajemen pada unsur produksi operasi perusahaan koperasi yang meliputi :input produksi,output produk,proses produksi,teknologi sarana prasarana,danlingkungan sekitar,untuk mencapai visi tujuan perusahaan dan organisasi koperasi secara efektif efisien dan produktif berdasar atas nilai – nilai dan prinsip koperasi.
f)       Manajemen kepengurusan adalah penerapan fungsi – fungsi manajemen pada bidang kepengurusan koperasi untuk mencapai visi dan tujuannya secara efektif dan efisien dan produktif berdasar atas nilai – nilai dan prinsip ekonomi.
g)      Manajemen kepengawasan adalah penerapan fungsi – fungsi manajemen pada bidang kepengwasan koperasi untuk mencapai visi dan tujuannya secara efektif dan efisien dan produktif berdasar atas nilai – nilai dan prinsip ekonomi.

2.4  Pengertian UKM
Usaha Kecil dan Menengah adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah :” Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat “

2.5  Pengertian RAT
RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi,karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggung jawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan



BAB III
PEMBAHASAN


3.1 Aspek manajemen keuangan
Permodalan Utama PKPRI Kabupaten Indramayu dalam melaksanakan kegiatan usahanya bersumber dari pemupukan modal sendiri yang di peroleh dari simpanan anggota. Sampai dengan akhir Desember 2015, Modal yang di peroleh simpanan anggota perinciannya adalah sebagai berikut :
NO
   URAIAN
      TAHUN 2015
           TAHUN 2014
1
Simpanan Pokok
       29.100.000,00
           29.100.000,00
2
Simpanan Wajib
      6.738.616.615,25
        6.460.174.615,25
3
Simpanan Kredit
       574.332.200,00
        560.222.200,00
4
Cadangan
       161.395.715,03
         161.395.715,03
5
Cadangan Resiko
 22.365.255,63
           35.441.255,63

    JUMLAH
     7.525.800.785,91
        7.246.333.785,91
Dan sampai akhir Desember 2015 Modal Penyertaan yang ada berupa Simpanan di GKPRI,IKPRI dan Dekopinda serta non koperasi dengan rincian sebagai berikut:
·         Simpanan PKPRI pada koperasi sebesar Rp.   70.520.800,00
·         Simpanan PKPRI non koperasi sebesasar Rp.  35.000.000,00
Jumlah     Rp   105.520.800,00
Untuk harta Tetap berupa Tanah, Bangunan,kendaraan,peralatan kantor dan perlengkapan kantor sampai dengan akhir Desember 2015 sebesar Rp. 4.793.236.102,15

3.2 Aspek Manajemen SDM
A) Tata kerja dan Struktur organisasi
Ø  Sekretaris : H. JUBAEDI RAHMAN,Sag,M.Si
Ø  Bendahara : HENDRIK WASJI SUGIANTO
2)          Pengawas bertanggung jawab sepenuhnya dan seutuhnya tentang pengawasan PKPRI kepada anggota melalui Rapat Anggota.
Ø  Ketua : HARTONO ,SPd
Ø  Anggota : Drs. H. SAIMIN MURKANA,MM
Ø  Anggota : H. SUDIKA, B.Sc
3)          Dalam mengembangkan usaha koperasi di bentuk unit – unit dan di beri wewenang untuk melaksanakan usahanya sebagai Badan Usaha yang otonom, mandiri di bawah koordinasi,pengendalian dan pembinaan pengurus serta pengawasan.
4)          Untuk meningkatkan produktifitas kerja,pengurus memeberdayakan pengelola untuk memimpin unit – unit. Pengelola bertanggung jawab sepenuhnya kepada pengurus,sebagai penanggung jawab unit dipercayakan kepada :
            4.1 Sri Endang Indra P (Pengelola Organisasi)
                  Mengelola Unit Organisasi dengan Pembina dari pengurus Bapak H.                       Jubaedi Rahman, S.Ag,M,Si selaku sekretaris.
            4.2 Yennie Lies Dhiana, SE (Pengelola Keuangan )
                   Mengelola Keuangan Pembina dari Pengurus Bapak H. Aceng              Herawan, S,Pd,M.Si
            4.3 Melia Puspariana,Amd (Pengelola Usaha )
                   Mengelola Unit Usaha dengan Pembina dari Pengurus Bapak Hendrik                    Wasji Sugianto selaku Bendahara.
5)          Penasehat
    Penasehat PKPRI Indramayu dijabat oleh Kepala Dinas Koperasi UKM,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indramayu.
6)          Keanggotaan
    Jumlah KPRI anggota PKPRI Kabupaten Indramayu sampai dengan akhir tahun 2015 sebanyak 57 KPRI dan jumlah anggota perorangan tercatat sebanyak 10.923 Orang
B) Rekruitmen
a.       Sumber dari Dalam
·         Promosi jabatan, yaitu pemindahan pegawai dari satu jabatan ke tingkat jabatan yang lebih tinggi daripada jabatan sebelumnya.
·         Transfer atau rotasi pekerjaan adalah pemindahan bidang pekerjaan pegawai kepada bidang pekerjaan lainnya tanpa mengubah tingkat jabatannya.
·          Demosi jabatan adalah penurunan jabatan pegawai dari satu jabatan ke tingkat jabatan yang lebih rendah atas dasar kondite dan prestasi kerjanya atau akibat terjadinya penyederhanaan struktur organisasi.
b.      Sumber dari Luar
Ø  Lembaga Pendidikan.
memanfaatkan lembaga pendidikan sebagai sumber penarikan pegawai.           Calon pegawai yang mendapat rekomendasi dari lembaga pendidikan pada     umumnya merupakan calon pegawai yang mempunyai prestasi akademik                   yang tinggi dan mempunyai kepribadian yang dinilai baik selama mereka   menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tersebut.
Ø  Depnaker.
            memanfaatkan calon pegawai yang mendapat rekomendasi dari       Departemen Tenaga Kerja.
Ø  Media Massa
            memanfaatkan media massa yang ada untuk memebritahu masyarskat luas
C) Pembinaan
       a) Pembinaan kepada KPRI Angoota
            Pembinaan dilaksanakan oleh pengurus PKPRI Indramayu kepada KPRI anggota selama tahun 2015 dilakukan dengan cara menghadiri undangan RAT maupun RAK KPRI Anggota.
        b) Pembinaan staf / personil
            Pembinaan yang dilaksanakan oleh pengurus PKPRI Indramayu kepada staf / personil PKPRI dilakukan secara rutin setiap tanggal 18 tiap bulan melalui pertemuan rapat staf yang pelaksanaannya pada setiap pertengahan bulan.

3.3 Pemasaran
A). Bidang Usaha : a) Unit Usaha Simpan Pinjam (USP)
                         b) Unit Jasa Angkutan ( UJA) yang meliputi :
                              Menyewakan kendaraan Truk
                              Menyewakan Gedung dan peralatannya
                              Kerjasama pengadaan Pangan ( Perkulakan Senkudaya )
                             Jasa Kontruksi
Harga : Untuk             harga sendiri berbeda beda tetapi untuk jasa kontruksi (kos – kosan) per bulan Rp. 500.000 untuk kamar mandi dalam dan Rp. 400.000 untuk kamar mandi luar.
Tempat : Jl. Yos Sudarso No 56 Indramayu
Promosi : Melakukan promosi dengan media cetak, memilih lokasi yang strategis, menggunakan internet marketing ( facebook,Instagram dll ),dan memuaskan pelanggan.
B). Promosi
"Promosi terjadi apabila seorang karyawan di pindahkan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, yang kemudian dari jabatan barunya tersebut dia memperoleh pembayaran yang lebih tinggi, tanggung jawab yang lebih banyak dan luas dan atau tingkatatan organisasional yang lebih tinggi. Kejadian ini merupakan hal yang menyenangkan bagi para karyawan dan seyogyanya juga bagi organisasi. :mumnya, promosi diberikan sebagai pengakuan terhadap hasil kerja karyawan di massa lalu dan merupakan janji untuk masa depan."Promosi dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.      Meritbased "Promotion adalah promosi didasarkan atas jasa(prestasi yang telah di berikan. Di dasarkan atas performance appraisal.
2.      Seniority based promotion adalah promosi didasarkan atas lamanya waktu seorang pegawai bekerja pada perusahaan atau lamanya pegawai tersebut bekerja di suatu jabatan tertentu, tidak berdasarkan umur karyawan.yang di maksud dengan senior adalah pegawai yang paling lama telah bekerja di perusahaan. Keuntungan cara ini adalah bahwa keputusan yang dibuat akan lebih objektif. Kelemahan yang sering muncul adalah bahwa tidak ada jaminan orang yang di promosikan mempunyai kemampuan atau telah menunjukkan hasil kerja yang lebih baik daripada pegawai lain yang tidak dipromosikan

3.4 Produksi
Input
Prosses
Output
Uang
Meminjamkan
Peminjaman uang(jasa)
Truk
Menyewakan
Penyewaan Truk
Gedung
Menyewakan
Penyewaan gedung
Kos kosan
Menyewakan
Penyewaan kamar kosa
Bahan sembako
Menjual
Penjualanbahan sembako
Sarana dan Prasarana
1. Komunikasi
KPRI I ndramayu sudah mempunyai no telp agar mudah untuk menghubungi jika ada keperluan yang bersangkutan dengan PKPRI Indramayu (0234) 272140
2. Transportasi
Untuk menuju ke PKPR Indramayu bias menggunakan angkutan umum 03 karena kantornya tidak jauh dari pusat kota Indramayau dan mudah di tempuh bias juga di tempuh dengan menggunakan roda dua.
3. Listrik
Kebutuhan listrik sangat penting untuk mendukung aktivitas koperasi. Dan untuk PKPRI sendiri sudah menggunakan listrik.
4. Air Bersih
Kondisi ketersediaan air bersih di daerah Indramayu sudah memadai

5. Kantor dan Tempat Usaha
PKPRI Indramayu memiliki bangunan kantor sendiri dan sudah permanen sedangkan status tanah juga sudah memiliki hak milik
Untuk usaha perdagangan suku cadang dengan memanfaatkan bangunan kios yang disediakan Pemerintah Daerah dan berstatus milik.
Dan Gedung penyewaan pun sudah milik PKPRI yang di berikan oleh pemerintah daerah setempat.
Lingkungan : sangat memadai karena PKPRI Indramayu terletak tidak jauh dari alun – alun Indramayu dan di sebelahnya adalah pom bensin

3.5 Keanggotaan
Ketentuan Rapat Anggota (Susunan Acara )
I) ACARA PEMBUKAAN
1.      Pembukaan
2.      Gema Wahyu Ilahi
3.      Pengantar Ketua PKPRI Indramayu
4.      Sambutan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan           Kab. Indramayu sekaligus membuka secara resmi RAT PKPRI Kab               Indramayu tahun 2015
5.      Do’a Bersama
6.      Penutup
II) ACARA POKOK
            1. Pembukaan
     2. Sambutan -sambutan
                2.1 Ketua Dekopinda Kab Indramayu
            2.2 Pengurus GKPRI Propinsi Jawa Barat
            3. Pengesahan – pengesahan
                3.1 Qourum Rapat
                3.2Acara Rapat
                3.3 Tata Tertib
                3.4 Berita Acara RA – RAPB Tahun Buku 2016
            4. Laporan Pertanggung jawaban Pengurus Tahun Buku 2015
            5. Laporan Pertanggung jawaban PengawasTahun Buku 2015
            6. Pandangan Umum / Tanggapan
            7. Pengesahan Laporan Pertanggung jawaban Pengurus dan Pengawas                        Tahun Buku 2015
            8. Pemilihan Pengawas Priode Tahun Buku 2016 – 2018
            9. Lain – lain
            10. Penutup
Pemilihan pengawas dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan terdiri dari atas 3 orang berasal dari wilayah Barat,Tengah, dan Timur masing – masing bertindak sebagai :
Ø   Seorang Ketua
Ø  Seorang Sekretaris
Ø  Seorang Anggota
Penentu komposisin dan Personalia Panitia Pemilihan yang di tetapkan oleh unsur – unsur yang telah di tunjuk oleh anggota selanjutnya melaksanakan tugas Pemilihan Pengawas sesuai dengan Tata Tertib yang telah di tetapkan.
Jabatan akan berakhir apabila terbukti :
            1. Melakukan kecurangan atau penyelewangan yang merugikan usaha dan                  keuangan dan nama baik koperasi
            2. Tidak mentaati ketentuan Undang – Undang Perkoperasian beserta                         peraturan dan ketentuan pelaksanaannya,Anggaran Rumah Tangga dan                          keputusan Rapat Anggota
            3. Sikap maupun tindakannya menimbulkan akibat yang merugikan bagi                     koperasi khususnya dan gerakan koperasi pada umumnya

3.6 Kepengurusan
            LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS PUSAT PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (PKPRI) KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN BUKU 2015
I. PENDAHULUAN
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya, kami segenap Pengurus dapat kembali menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban kepada anggota dalam forum Rapat Anggota Tahunan PKPRI Indramayu untuk Tahun  Buku 2015
            Teriring ucapan selamat dating kepada seluruh Pengurus KPRI Anggota PKPRI Indramayu, marilah kita bersama melaksanakan amanat undang - undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, melaksanakan RAT dengan seksama, penuh rasa tanggung jawab dan rasa memiliki PKPRI yang kita cintai ini.
            Hambatan – hambatan yang dihadapi adalah terbatasnya kemampuan PKPRI Indramayu dalam memberikan pelayanan pada Anggota serta belum cairnya penjualan asset – asset tetap PKPRI Indramayu.
            Selanjutnya untuk lebih memudahkan menelaah Buku Laporan Pertanggung jawaban Pengurus Tahun Buku 2015, kami sampaikan berdasarkan urutan sistematika sebagai berikut :
I  Pendahuluan
II Bidang Umum Dan Organisasi
III  Bidang Keuangan Dan Permodalan
IV  Bidang Usaha 
V    Lain - lain
VI   Penutup

II. BIDANG UMUM DAN ORGANISASI
      Berbagai kegiatan Bidang Umum dan Organisasi yang dilaksanakan  PKPRI                         Indramayu selama Tahun 2015 sebagai berikut :
      1. Organisasi dan Manajemen
            a. Tata Kerja dan Struktur Organisasi
            Struktur Organisasi dan Tata Kerja PKPRI Indramayu masih tetap di              berlakukan, dengan uraian sebagai berikut :
1)            Pengurus bertanggung jawab sepenuhnya dan seutuhnya tentang           penyelenggaraan dan pengelolaan PKPRI kepada anggota melalui               Rapat Anggota.
2)      Pengawas bertanggung jawab sepenuhnya dan seutuhnya tentang                      pengawasan PKPRI kepada anggota melalui Rapat Anggota.
3)            Dalam mengembangkan usaha koperasi di bentuk unit – unit dan di                        beri wewenang untuk melaksanakan usahanya sebagai Badan Usaha            yang otonom, mandiri di bawah koordinasi,pengendalian dan               pembinaan pengurus serta pengawasan.
4)            Untuk meningkatkan produktifitas kerja,pengurus memeberdayakan                 pengelola untuk memimpin unit – unit. Pengelola bertanggung jawab sepenuhnya kepada pengurus,sebagai penanggung jawab unit dipercayakan kepada :
       4.1 Sri Endang Indra P (Pengelola Organisasi)
             Mengelola Unit Organisasi dengan Pembina dari pengurus Bapak H.                       Jubaedi Rahman, S.Ag,M,Si selaku sekretaris.
       4.2 Yennie Lies Dhiana, SE (Pengelola Keuangan )
              Mengelola Keuangan Pembina dari Pengurus Bapak H. Aceng                                 Herawan, S,Pd,M.Si
       4.3 Melia Puspariana,Amd (Pengelola Usaha )
              Mengelola Unit Usaha dengan Pembina dari Pengurus Bapak Hendrik                    Wasji Sugianto selaku Bendahara.
b). Rapat Anggota
       Pelaksanaan dan penyelenggaraan Rapat Anggota yang dilaksanakan oleh              PKPRI Indramayu, Selama Tahun 2015 sebanyak 2 kali yaitu :
1.          RAT Tahun Buku 2015,yang membahas tentang Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dalam periode tiga tahun,Alhamdulillah             tepat pada waktunya yaitu hari Rabu 13 April 2016 bertempat di Gedung            Balai Pertemuan PKPRI Indramayu,keputusan yang disepakati adalah    mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban pengurus dan Laporan   Pengawas Tahun Buku 2015
2.          RAK yang membahas tentang Rencana kerja dan RAPB untuk Tahun             Buku 2016, telah dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 30 Desember 2015, bertempat di Gedung Balai Pertemuan PKPRI Indramayu,dengan keputusan          yang di sepakati adalah menyetujui Rencana Kerja dan RAPB PKPRI  Indramayu untuk Tahun 2016,Simpanan wajib naik yaitu sebesar Rp. 4000/Anggota perorangan yang semula sebesar Rp. 3.500/Anggota  perorangan naik sebesar Rp. 500/Anggota Perorangan


c). Pengurus
Susunan Pengurus PKPRI Indramayu Tahun 2013-2018,adalah sebagai   berikut :
Ø  Ketua        : H. ACENG HERAWAN,S.Pd,M.Si
Ø  Sekretaris  : H. JUBAEDI RAHMAN,Ag,Msi
Ø  Bendahara : HENDRIK WASJI SUGIANTO
d). Pengawas
       Pengawas PKPRI Indramayu,Hasil Pemilihan pada RAT Tahun Buku 2012 yang dilaksanakan tanggal 22 Mei 2013 untuk periode 2013 – 2015 sebagai berikut:
Ø  Ketua     : HARTONO,SPd
Ø  Anggota : Drs. H.SAIMIN MURKANA,MM
Ø  Anggota : H. SUDIKA,B,Sc
e). Penasehat
    Penasehat PKPRI Indramayu dijabat oleh Kepala DinasKoperasi UKM,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indramayu.
f). Keanggotaan
    Jumlah KPRI anggota PKPRI Kabupaten Indramayu sampai dengan akhir    tahun 2015 sebanyak 57 KPRI dan jumlah anggota perorangan tercatat sebanyak 10.923 Orang
g). Manajemen Pelaksana
      Susunan Personalia PKPRI Indramayu sampai dengan akhir Tahun 2015     mengalami perubahan yaitu :
       1. Pengelola Organisasi  : Sri Endang Indra.P
       2. Pengelola Keuangan   : Yennie Lies Dhiana,SE
       3. Pengelola Usaha         : Mella Puspariana,Amd
       4. Untuk karyawan lainnya berjumlah 5 orang
2. Aspek Administrasi
    a. Administrasi Umum
       1) Buku Administrasi Organisasi
            Kelengkapan Buku Administrasi Organisasi seluruhnya berjumlah 16                      macam Buku telah diisi dan di gunakan sebagaimana mestinya.
       2) Surat Kabar
           Selama Tahun 2015 surat yang telah di keluarkan oleh PKPRI Indramayu               sebanyak 34 pucuk surat.
       3) Surat Masuk
           Selama Tahun 2015 surat masuk yang telah di terima oleh PKPRI                       Indramayu sebanyak 96 pucuk surat.
    b. Administrasi Keuangan
       Administrasi Keuangan yang telah dilaksanakan oleh PKPRI Indramayu                mengacu pada prinsip Akuntansi Koperasi/PSAK 27/2002(Pedoman         Standar Akuntansi Keuangan)
2. Aspek Pembinaan
a) Pembinaan kepada KPRI Angoota
       Pembinaan dilaksanakan oleh pengurus PKPRI Indramayu kepada KPRI   anggota selama tahun 2015 dilakukan dengan cara menghadiri undangan            RAT maupun RAK KPRI Anggota.
b) Pembinaan staf / personil
       Pembinaan yang dilaksanakan oleh pengurus PKPRI Indramayu kepada staf          / personil PKPRI dilakukan secara rutin setiap tanggal 18 tiap bulan melalui          pertemuan rapat staf yang pelaksanaannya pada setiap pertengahan bulan dengan pokok bahasan yaitu :
Ø   Pembinaan dari Pengurus
Ø  Evaluasi Kegiatan Usaha masing – masing Unit yang telah dilaksanakan
Ø  Penyampaian Rencana Kegiatan dan Target Usaha yang akan dilaksanakan untuk bulan yang akan datang.
  c. Rapat Koordinasi
Dihadiri pengurus dan Pengawas serta dilaksanakan setiap triwulan dengan acara hasil pemeriksaan pengawas.
4.  Aspek Pendidikan dan Latihan
Dalam Tahun 2015 pendidikan dan latihan yaitu yang diadakan oleh GKPRI   tidak ada .
5.  Aspek Persatuan dan Kesatuan Sesama Anggota
PKPRI Indramayu menghimpun dan menyalurkan Dana Perlaya dan Dana Pensiun,Untuk Tahun 2015 besarnya Dana Perlaya yang dihimpun yaitu sebesar
Rp.200,00/orang/kejadian, dan Dana Pensiuan sebesar Rp. 200,00/orang/kejadian adapun rincian tentang penyaluran Dana tersebut dapat dilihat pada lampiran.

III.  BIDANG KEUANGAN DAN PERMODALAN
            Permodalan Utama PKPRI Kabupaten Indramayu dalam     melaksanakan kegiatan usahanya bersumber dari pemupukan modal sendiri yang di     peroleh dari simpanan anggota. Sampai dengan akhir Desember 2015,             Modal yang di peroleh simpanan anggota perinciannya adalah sebagai             berikut :

NO
URAIAN
TAHUN 2015
TAHUN 2014
  1
Simpanan Pokok
  29.100.000,00
29.100.000,00
 2
 Simpanan Wajib
6.738.616.615,25
6.460.174.615,25
 3
Simpanan Kredit
574.322.200,00
560.222.200,00
 4
 Cadangan
161.395.715,03
161.395.715,03
 5
 Cadangan Resiko
 22.366.255,63
35.441.255,63

JUMLAH
7.525.800.785,91
7.246.333.785,91

            Dan sampai akhir Desember 2015 Modal Penyertaan yang ada berupa         Simpanan di GKPRI,IKPRI dan Dekopinda serta non koperasi dengan   rincian sebagai berikut:
            •           Simpanan PKPRI pada koperasi sebesar Rp.   70.520.800,00
            •           Simpanan PKPRI non koperasi sebesasar Rp.  35.000.000,00
                        Jumlah     Rp   105.520.800,00
            Untuk harta Tetap berupa Tanah, Bangunan,kendaraan,peralatan kantor dan             perlengkapan kantor sampai dengan akhir Desember 2015 sebesar Rp.         4.793.236.102,15. Sedangkan untuk mengikuti perkembangan keuangan           PKPRI dapat dilihat selengkapnya pada Neraca dan Perhitungan Hasil            Usaha Tahun 2015 pada lampiran.
IV.BIDANG USAHA
 Kegiatan Usaha yang dilaksanakan oleh PKPRI Indramayu adalah :
1. Unit Usaha Simpan Pinjam (USP)
2. Unit Jasa Angkutan (UJA) yang meliputi :
            a. Menyewakan Kendaraan Truk
            b. Menyewakan Gedung dan Peralatannya
            c. Kerjasama Pengadaan Pangan
            d. Jasa Kontruksi
V. LAIN – LAIN
Kerjasama dengan K3S diperpanjang dengan harapan pembayarannya setelah     asset terjual, berusaha penambahan modal untuk perkulakan “Senkudaya” oleh Yayasan Damandiri,sewa kamar berjumlah 11 ruangan/kamar-
3.7 Kepengawasan
Ø  Mengawasi Pelaksanaan kebijakan koperasi
Ø  Mengawasi Kegiatan yang di tetapkan Rapat Anggota
Ø  Mengawasi kegiatan anggota dan pengurus
Ø  Mengawasi jalannya kegiatan pelayanan koperasi
Ø  Menjalankan nilai dan prinsip koperasi di lingkungan yang kondusif.
  

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan dan Saran
      A. Kesimpulan
Pusat  Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Indramayu merupakan Koperasi serba usaha yang bergerak dalam bidang usaha USP ( Usaha Simpan Pinjam ) dan UJA (Usaha Jasa Angkutan ).Usaha simpan pinjam merupakan usaha yang meiliki intensitas yang tinggi.
       B. Saran
        Koperasi diharap mengkaji ulang tentang kebijakan akuntansinya tentang cadangan resiko yang di bentuk oleh koperasi untuk mencadangkan kerugian tak tertagihnya piutang, karena hal ini tidak sesuai dengan prinsip akuntansi yang ada di Indonesia. Koperasi cukup membentuk cadangan penghapusan piutang untuk mencadangkan piutang tak tertagihnya.



DAFTAR PUSTAKA


https://www.liputan6.com/bisnis/read/2877583/5-strategi-pemasaran-biar-dagangan-laris-manis
https://www.scribd.com/document/216941638/manajemen-penempatan-sumber-daya-manusia

Related Post



Post a Comment